Bupati Lepas Pasukan Polres Amankan Pilkades Se-Kabupaten Meranti

Senin, 06 April 2015

Bupati Lepas Pasukan Polres Amankan Pilkades Se-Kabupaten Meranti Bersama Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi.

PELITARIAU, Selatpanjang -Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, MSi melepas pasukan Polisi dari Polres Kabupaten Meranti untuk bertugas dalam rangka mengamankan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebelum pelepasan pasukan  diawali dengan apel pasukan  yang digelar di Halaman Mapolres Meranti,   Senin (6/4).

 

Dihadapan Kapolres AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH Msi dan seluruh jajaran, Bupati  memberikan apresiasi kepada personil Polres atas, bantuannya dalam mengamankan dan menjaga kondusfitas dalam proses Pilkades Meranti. Pilkades merupakan amanat konstitusional dalam rangka menegakan demoktasi mulai dari tingkat Desa berjalan dengan sukses dan aman.

 

Dijelaskan Bupati, Kabupaten Kepulauan Meranti terdiri dari 96 Desa dan 5 Kelurahan yang twrsebar di 3 Pulau Besar, dari jumlah itu sebanyak 29 Desa akan melaksanakan Pilkades. Seperti pengalaman yang terdahulu terdapat beberapa tahapan titik kritis dalam pemilihan yang perlu diwaspadai petugas keamanan, diantaranya proses pendaftaran dan oencoblosan yang sangat berpeluang terjadinya gesekan.

 

"Dalam Proses ini sering muncul adanya pemilih yang belum terdaftar dan tidak semestinya melakukan pemilihan, saya minta antisipasi sedini mungkin agar tidak menimbulkan gejolak sosial," ucap Bupati yang juga meminta peran serta aktif masyarakat menjaga kondusifitas.

 

Tahapan kritis selanjutnya yakni saat penghitungan suara, yang berpotensi besar terjadinya konflik. "Mari bersama kita perhatikan proses dan tahapan itu, sehingga hal yang bisa menggnagu keamanan dan ketertiban dapat diantisipasi," ujar Bupati

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio