PSMTI Kota Pekanbaru gelar Festival DongZhi 2022

Ahad, 25 Desember 2022

Festival DongZhi tahun 2022 ini, digelar di sekretariat PSMTI Riau jalan Setiabudi Pekanbaru pada Sabtu 24 Desember 2022

PELITARIAU, Pekanbaru - Payuguban Sosial Marga Tionghoa Indonesia PSMTI Kota  Pekanbaru, mengelar Festival DongZhi atau yang biasa dikenal dengan makan kue onde-onde secara bersama sama.

Dalam festival DongZhi  tahun ini, PSMTI Kota Pekanbaru bekerjasama dengan Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia Perwanti Riau dan Koko Cici Riau.

Festival DongZhi  tahun 2022 ini, digelar di sekretariat PSMTI Riau jalan Setiabudi Pekanbaru pada Sabtu 24 Desember 2022.

Terlihat hadir dalam acara Festival DongZhi  ini, Anggota DPRD Kota Pekanbaru Robin Eduar, Ketua Penasehat PSMTI Riau Syukur bersama Penasehat PSMTI Riau Sidarta, Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya beserta pengurus inti PSMTI Riau, Ketua PSMTI Kota Pekanbaru Kamin bersama jajaran pengurus PSMTI Kota Pekanbaru, dan jajaran pengurus  anggota Perwanti Riau.

Ketua PSMTI Kota Pekanbaru Kamin kepada Ini TV Riau menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk merayakan Festival DongZhi sebagai tanda masuknya musim dingin menurut penanggalan Tionghoa. 

Dikatakan Kamin, Perayaan DongZhi dirayakan warga Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

"Kami ingin Festival DongZhi tetap dilestarikan, karena merupakan salah satu perayaan penting bagi warga Tionghoa," harapnya.

Kamin menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut mensukseskan festival DongZhi  yang telah menjadi agenda tahunan PSMTI Kota Pekanbaru setiap tahunnya.

Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya, sangat mengapresiasi acara Festival DongZhi  ini, menurutnya dengan memakan onde-onde secara bersama-sama, selain menjalin kebersamaan antar pengurus PSMTI juga dapat mengenalkan budaya Tionghoa kepada generasi muda saat ini.

"Di Pekanbaru perayaan dilaksanakan secara sederhana dengan memakan onde atau wedang ronde secara bersama. Perayaan kebudayaan ini rutin dilaksanakan setiap tahun," sebut Stephen Sanjaya.

Wakil ketua PSMTI Riau bidang Pendidikan, Tohan SE MM mengatakan dalam tradisi suku Tionghoa, DongZhi adalah memakan semacam kue onde-onde yang terbuat dari tepung ketan yang berwarna-warni sebagai simbol persatuan dan keharmonisan sebuah keluarga di akhir tahun.

"Festival Dong Zhi dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dengan  menikmati kue onde-onde,  Saat ini, onde-onde sudah bervariasi. Mulai dari warnanya yang beragam hingga rasanya. Sudah berbaur dengan budaya lokal," terang Tohan.

Acara diakhiri dengan makan kue onde-onde secara bersama-sama. **Prc7