PSMTI Riau Gelar Seminar Dengan Tajuk Peran Pemuda Dalam Wawasan Kebangsaan

Ahad, 27 November 2022

PSMTI Riau melaksanakan seminar dengan tajuk peran pemuda dalam wawasan kebangsaan.

PELITARIAU, Pekanbaru - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau melaksanakan seminar dengan tajuk  peran pemuda dalam wawasan kebangsaan. 

Seminar yang diikuti 100 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi dan Perhimpunan Pemuda Tionghoa serta Kalangan para Siswa Menengah Atas ini berlangsung di ballroom Furaya Hotel  Pekanbaru, Minggu pagi 27 November 2022.

Seminar ini  menghadirkan Dewan Pakar PSMTI Riau, Dr Nyoto Ph D sebagai narasumber utama dan Narasumber pendamping diantaranya Efendi SE Wakil Ketua PSMTI Riau, Eddy Budianto Dewan penasehat PSMTI Riau serta Nata Hedy Nyo SH MH Kabid pembauran PSMTI Riau.

Dalam pemaparannya, Dr Nyoto Ph D mengupas tentang pentingnya nilai nilai kebangsaan bagi pemuda sebagai estafet menerus generasi kedepan.

"Pemuda merupakan usia produktif, di tangan pemuda harapan bangsa dilanjutkan, baik pembangunan ekonomi, pendidikan dan lainnya," sebutnya.

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini, kata Dr Nyoto, salah satu upaya menanamkan jiwa-jiwa kebangsaan agar di dalam diri pemuda muncul rasa tanggung jawab terhadap pembangunan yang sifatnya berkelanjutan.  


Dr. Nyoto juga pemaparkan  tiga poin penting yang bisa dikaitkan dengan cita-cita  bangsa Indonesia, yakni menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan negara, Menumbuhkan rasa memiliki jiwa besar dan patriotisme untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara, serta Memiliki kesadaran atas tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia yang menghormati lambang-lambang negara dan mentaati peraturan perundang- undangan.

Ketua PSMTI Riau, Stephen Sanjaya sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini.
Dikatakannya, Seminar Kebangsaan ini 
mengajak pemuda memahami wawasan kebangsaan, sesuai dengan Visi dan Misi PSMTI untuk ikut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebenarnya seminar dilaksanakan pada bulan Oktober lalu untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, namun baru dapat terlaksana pada hari ini," ujar Stephen Sanjaya.

Salah satu peserta dari BEM Pelita Indonesia, Fuma Wijaya mengaku senang dapat mengikuti seminar ini. 

"Acara luar biasa dalam menambah pengetahuan mahasiswa. Kami lebih sadar dan bisa lebih aktif dalam membangun negeri," ujar Fuma Wijaya.

Dalam seminar ini,  juga diisi dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Mawerson dari bidang Pemuda dan Olahraga PSMTI Riau.

Seminar ini ditutup dengan pemberian tanda penghargaan kepada narasumber dan para pendamping narasumber oleh Ketua Harian PSMTI Riau Jailani Tan bersama Wakil Ketua PSMTI Riau bidang Humas dan Media Romo Ket Tjing. **Prc7