Pemprov Riau Beri Uang Jasa Prestasi Adiwiyata Sebesar Rp92 Juta ke 23 Sekolah

Sabtu, 26 November 2022

Pemerintah Provinsi Riau menyerahkan penghargaan kepada 23 Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau tahun 2022.

PELITARIAU, Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Riau menyerahkan penghargaan kepada 23 Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau tahun 2022.

Ke-23 sekolah tersebut mendapatkan uang jasa prestasi penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Pemprov Riau masing-masing sebesar Rp4.000.000, sehingga total sebanyak Rp92.000.000.

Penyerahan uang jasa Prestasi Adiwiyata secara simbolis diberikan oleh Kepala DLHK Riau, Mamun Murod mewakili Kepala Bidang Perubahan Iklim, Alwamen kepada SD Negeri 071 Pekanbaru, SD Negeri 194 Pekanbaru, SD Swasta Cendana Rumbai, di Stand Riau Expo DLHK Riau, Sabtu (26/11/2022). 

Selain menyerahkan penghargaan, dalam kegiatan Riau Expo 2022 yang digelar di kawasan Purna MTQ Pekanbaru, DLHK Riau menampilkan salah kegiatan unggulannya, yaitu berupa edukasi panduan menjadi Sekolah Adiwiyata.

Alwamen mengatakan, bahwa uang jasa prestasi ini merupakan bentuk perhatian Pemprov Riau melalaui DLHK Riau terhadap sekolah yang mengimplementasikan gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) 

"Gerakan PBLHS ini berupa aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup," katanya. 

Karena itu, pihaknya berharap kepada sekolah penerima penghargaan tingkat provinsi untuk mempertahankan, karena penerima penghargaan ini akan di monev hingga 4 tahun kedepan. 

"kami akan berikan bimbingan agar sekolah ini meningkat memperoleh penghargaan tingkat Nasional, baik berupa Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri yang diberikan oleh Kemendikbud dan Kementerian LHK," ujarnya. 

"Semoga Gerakan PBLHS ini dapat terus diterapkan dan diikuti oleh sekolah-sekolah lain di Riau, dan kita Dinas LHK Riau senantiasa siap memberikan bimbingan kepada sekolah untuk menerapkan Gerakan PBLHS dan keikutsertaan dalam Adiwiyata," sambungnya. 

Lebih lanjut Alwamen menjelaskan, Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

"Jadi penilaian Sekolah Adiwiyata Provinsi dilakukan oleh DLHK Provinsi Riau mulai dari seleksi administratif bagi calon Sekolah Adiwiyata, sampai dilakukan verifikasi lapangan penilaian pemenuhan kriteria Sekolah Adiwiyata," terangnya. 

Dari seleksi itu, pada tahun 2022 telah ditetapkan penerima Penghargaan Adiwiyata berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Riau No. Kpts. 1126/VII/2022 tentang Penerimaan Penghargaan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (Adiwiyata) Provinsi Riau Tahun 2022.

Sedikitnya ada 23 sekolah ditetapkan sebagai Penerimaan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau Tahun 2022 melalui surat keputusan Gubernur Riau tersebut.

Nama-nama Sekolah Penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau Tahun 2022 sebagai berikut:

1. Pekanbaru: SD Negeri 071, SD Negeri 194, SD Swasta Cendana Rumbai.

2. Pelelawan: SMP Negeri 3 Pangkalan Kuras

3. Kuantan Singingi: SD Swasta GLOBAL Andalan Estate Logas

4. Kampar: SD Negeri 036 Tanah Datar

5. Rokan Hilir: SD Negeri 003 Sei Manasib, SD Negeri 010 Bangko Sempurna, SD Negeri 007 Tangga Batu, SMP Negeri 2 Bangko, SMA Negeri 5 Bagan Sinembah

6. Bengkalis: SD Negeri 2 Bantan , SD Negeri 2 Rupat Utara , SD Negeri 4 Pinggir Bengkalis, SD Negeri 4 Talang Mandau, SD Negeri 8 Bandar Laksamana, SD Negeri 37 Bengkalis, SMP Negeri 3 Bukit Batu, SMK Negeri 1 Mandau 

7. Indragiri Hulu: MIS Al-Firdausy, Madrasah Aliyah Al-Ihsan Buluh Rampai, MTs Pondok Pesantren Modern Syamsuddin, SMK Negeri 1 Kuala Cenaku.**Prc6