Gubri Syamsuar, Guru Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kamis, 17 November 2022

PELITARIAU, SIAK - Guru berperan penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar pada acara temu ramah dengan Kepala Sekolah dan Guru SMA, SMK, SLB di Kabupaten Siak. Kamis, (17/11/2022).

“Sekaligus juga peran bagaimana Guru - Guru yang ada disitu kalau memang ada yang kurang, barangkali perlu ada diberikan muatan pembelajaran. Sekarangkan sudah ada kelompok pembelajaran FKKS dan sebagainya. Itu teatp akan menjadi perhatian kami dalam rangka meningkatkan kualitas Guru,” terang Syamsuar di SMAN 2 Dayun.

Karena menurutnya Siswa yang berkualitas berawal dari Guru yang berkualitas.

Gubri juga mengingatkan kepada para Kepala Sekolah (Kepsek) agar hal - hal negatif yang telah terjadi di dunia pendidikan luar tak terjadi di Provinsi Riau khususnya pada Sekolah yang ada di Kabupaten Siak.

“Mulai dari persoalan keuangan, persoalan tentang pengangkatan Guru yang tidak sepantasnya oleh Kepsek, ada juga Kepsek yang bawa anak murid perempuannya keluar Daerah menginap di Hotel, kemudian Guru yang memukul Murid. Kejadian ini jangan sampai terjadi,” jelas Syamsuar.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik)Provinsi Riau, M. Job Kurniawan menuturkan guna meningkatkan pendidikan di Bumi Lancang Kuning ini, pihaknya berencana membangun dua Sekolah Negeri lagi di Kabupaten Siak.

“Satu SMKN di Kandis, satu  SMA di Sungai Mandau. Sudah masuk APBD 2023 dan sudah ada tanahnya. Kemungkinan akan kita lelang diakhir tahun ini atau awal tahun depan. Mudah - mudahan dalam waktu satu tahun sudah selesai,” terangnya.

Untuk pengangkatan P3K sendiri, M. Job menerangkan sebanyak 7.297 tenaga pengajar yang mendaftarkan dirinya.

“Inilan berawal dari dapodik Sekolah, lalu kita ubah jadi formasi dan formasi 7.297 itu kita ambil semua tidak ada kita pilih. Mudah - mudahan 7.297 itu bisa lulus,” tutup Plt Kadisdik Provinsi Riau.**Prc6