135 Anak TK Aisyiyah Meranti Menggelar Manasik Haji

Jumat, 27 Maret 2015

PELITARIAU, Selatpanjang - Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah menggelar manasik haji yang diikuti sebanyak 135 anak dari sejumlah TK, dibawah binaan TK Aisyiyah Se Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan  dipusatkan pada TK induk Aisyiyah Jalan Masjid Takwa Kampung Baru, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti Kamis (26/3) pagi.

 

Kepala Sekolah TK Aisyiyah Mardani mengungkapkan. bahwa adapun tujuan utama dilaksanakan kegiatan manasik haji tersebut, Ingin menanamkan anak- anak usia dini dengan nilai ke Islaman, salah satunya naik  haji  merupakan rukun Islam. Selain itu, sebagai pemupuk niat dan cita-cita bagi anak untuk melaksanakan ibadah haji jika diakhirat kelak sesuai dengan tuntutan agama Islam.

 

"Kenapa kita berikan kegiatan ini pada usia dini, karena ingatannya masih kuat dan dengan menanamkan keimanan dan ketakwaan yang dimiliki anak tersebut. Diaharapkan kedepan nanti menjadi beriman kepada Alllah SWT, serta kepada kedua orang tuanya," terang Mardani.

 

Dari pantauan Pelitariau.com  dilapangan, pelaksanaan kegiatan manasik haji yang dilaksnakan oleh anak TK Aisyiyah tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB pagi itu berawal dari niat, yakni para anak-anak pergi ke padang arafah dengan membaca kalimat Talbiyah. tiba dipadang arafah membaca surat pendek yakni surat alfatihah dan surat al ikhlas.

 

Selanjutnya ke musdalifah (sambil membaca talbiah) untuk mengambil batu sebanyak 28 buah,  kemudian Kemina sambil membaca talbiah dan berhenti dimina sebentar, lalu jalan kembali melalui terowongan menuju jumirah aqobah.

 

Kemudian melempar jumrah 7 batu, selesai melempar jumrah 7 batu, berbaris untuk tahalul pertama, terus menuju kemina sambil membaca takbir hari raya. sampai dimina berhenti, lalu putar ke 3 jumrah untuk melempar jumrah( jumrotul ula, jumrotul wusro, jumrotul aqobah) sambil membaca tasbih, tahmid dan takbir.

 

Setelah selesai lempar 3 jumroh yaitu berakhir di jumroh aqobah, baris lalu menuju ka'bah menuju tawaf. Sesampainya di ka'bah lalu berbaris membuat saf lalu mengangkat tangan dan menghadap hajar aswad. lalu mengelilingi ka'bah dengan melangkah kaki kanan terlebih dahulu dan membaca doa keselmamatan dunia dan akhirat sampai 7 kali putaran.

 

Setelah putaran terakhir selesai, selanjutnya melakukan sa'i sambil membaca tasbih, tahmid, dan takbir. Selanjutnya jalan sampai kesafa lagi hingga 7 kali bolak balik. berakhir pastikan disafa (sudah 7 kali jalan). Disafa melakukan tahalul yang ke 2 ( cukur rambut bagi laki-laki) setelah tahalul maka selesai manasik haji tersebut.

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio