Bupati Meranti HM Adil Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual Bersama Presiden RI

Sabtu, 01 Oktober 2022

Kemudian Bupati Meranti H Muhamad Adil SH MM juga mengatakan bahwa, mari kita terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan sebuah perjalanan sejarah bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara yang harus terus diingat ole

PELITARIAU, Meranti - Bupati Meranti H Muhamad Adil SH MM Mengikuti Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila yg dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta Secara Virtual Bersama Presiden Republik Indonesia.(01/10/2022).

Sekilas informasi dikutip dari buku sejarah setiap tanggal 1 Oktober telah diperingati sejak era pemerintahan Orde Baru. Penetapannya sendiri termaktub dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Surat ini menerangkan bahwa setiap 1 Oktober adalah Hari Kesaktian Pancasila dan harus diperingati angkatan darat. Selanjutnya, peringatan tersebut juga tertuang ke dalam Keputusan Presiden RI Nomor 153 Tahun 1967. Keppres itu ditetapkan Pejabat Presiden RI Jenderal TNI Soeharto.

Akibat kegagalan upaya PKI, maka Pancasila dipandang alangkah sakti dan sakral. Gerakan 30 September 1965 dinilai sebagai hari di mana Pancasila memiliki kesaktian tak tergantikan oleh paham apa pun. Oleh sebab itu, Pancasila tidak bisa dirusak ataupun diubah PKI pada waktu itu.

Itulah penyebab 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, berdasarkan sudut pandang sejarah. Pencetus Hari Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila digagas oleh Soeharto. Ada sejumlah makna Kesaktian Pancasila.

Pertama, sebagai hari di mana semua pejabat dan anggota TNI berduka karena pada G30S PKI banyak perwira TNI yang gugur. Kedua, Kesaktian Pancasila juga memiliki makna sebagai penghormatan. Maksudnya adalah penghormatan segenap warga negara Indonesia kepada seluruh pahlawan yang berjatuhan dalam melaksanakan tugasnya melindungi Pancasila. Kemudian, Kesaktian Pancasila pun bermakna sebagai usaha membentengi peran Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Kemudian Dalam upacara tersebut Puan Maharani menyampaikan bahwa dalam memperingati hari kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan dalam menegakan keadilan demi menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

Kemudian Bupati Meranti H Muhamad Adil SH MM juga mengatakan bahwa, mari kita terapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan sebuah perjalanan sejarah bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara yang harus terus diingat oleh setiap generasi millenial sebagai tanggung jawab mengisi kemerdekaan. 

"Sebagai generasi penerus janganlah melupakan sejarah. Mari kita kokohkan persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan Bangsa Indonesia yang berkarakter. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022. Hal yang paling terpenting dalam suatu negara bukanlah siapa pemimpinnya, melainkan adalah persatuan dan kesatuan negara. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2022", harapnya H Muhamad Adil SH MM.

"Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022. Semoga kita mampu menjadi warga negara yang bisa menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila", tutupnya H Muhamad Adil SH MM. **