Sungguh Miris, Pemda Inhu Dinilai Abai Dengan Replika Istana Kerjaan Indragiri

Selasa, 20 September 2022

Sarpius Said (baju putih) Peltu Purn TNI Arifin (baju coklat)

PELITARIAU, Inhu - "Berbunga berbunga tapi tak jadi putik" peribahasa ini ditujukan untuk adat dan kebudaya di Indragiri yang tidak terperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, salah satunya Replika istana Indragiri yang dibangun megah di lokasi objek Danau raja Rengat sekitar tahun 2004 silam.

Dari berbagai sumber menyebutkan, kerajaan Indragiri didirikan pada akhir abad ke-13, menjadi kerajaan bercorak Islam pada abad ke-15. Kerajaan Indragiri berumur 800 tahun, dan di Inhu dibangunlah Replika istana kerajaan Indragiri di lokasi objek wisata Danau raja.

"Replika istana Indragiri itu tombak wisata dan wajah adat Inhu, dengan tidak dilakukan perawatan oleh perintah Inhu Replika istana Indragiri menjadi bahan lelucon dan gunjingan," ujar pemerhati pemerintahan dan kebudayaan, Sarpius Said berbincang dengan wartawan Selasa (20/9/2022) di Rengat.

Wajah wisata Inhu itu adalah Replika istana Indragiri dialokasi objek wisata Danau raja,  miris melihatnya, menurut pensiunan ASN yang pernah berdinas di Badan Pertanaha Nasional (BPN) ini, lihatlah sarana pendukung seperti MCK Replika istana, meja, taman, infrastruktur lainnya termasuk lampu taman tidak lagi menyala. "Patung singa saja hiasan di Replika istana Indragiri juga sudah pecah pecah," ujar Sarpius.

Masyarakat ujar Sarpius, meminta perhatian Pemda Inhu terkait dalam pengelolaan Replika istana yang terletak di objek wisata Danau Raja, jika Replika istana Indragiri menjadi objek wisata tentunya bisa berpotensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Senada juga disampaikan tokoh masyarakat Inhu, Peltu Purn TNI Arifin, menurutnya  oleh  salah satu daya tarik untuk mengunjungi Danau Raja adalah adanya objek lain sebagai pendukung seperti Replika istana Indragiri yang ada di sekitar Danau raja.

"Replika istana atau sering disebut rumah adat itu, sebaiknya di pelihara, dicat dengan ornamen asli dan menempatkan petugas pemeliharaan Replika jangan dianggap itu punya kerajaan itu Replika istana Indragiri miliki masyarakat Inhu yang perawatnya menjadi tanggung jawab pemerintah," jelasnya. **Prc6