Sebanyak 27 Peserta Ikuti DJTD MNCTV Jakarta

Sabtu, 21 Maret 2015

PELITARIAU, Pekanbaru-Sebanyak 27 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Propinsi Riau mengikuti Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar (DJTD). DJTD yang di taja oleh MNCTV Jakarta tersebut merupakan yang ke-16 dilaksanakan di Indonesia yang bertempat di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru.

 

Diklat yang berlangsung selama tiga hari dua malam tersebut berlangsung  dari tanggal 20 - 22 Maret. Kegiatan tersebut  di buka oleh Wakil Rektor III UIR.

 

Sedangkan dari pihak MNCTV hadir Kepala Reset News MNCTV Charles Manurung serta presenter lintas petang MNCT Agung Kurniawan. Kedua pihak MNCTV tersebut juga bertindak sebagai narasumber dalam DJTD tersebut.

 

Sebagai narasumber Charles Manurung menyampaikan bahwa  jika ingin masuk ke TV, maka  harus memiliki ide-ide kreative yang bagus agar dapat bersaing dengan pihak yang lainnya. Kerja seorang jurnalis itu bekerja secara kelompok bukan secara individual.

 

Selanjutnya Agung Kurniawan dalam DJTD tersebut mengatakan bahwa butuh kecermatan dan explorasi agar dapat bersaing dengan yang lainnya.

 

Dalam DJTDi para peserta di beri bekal untuk menulis berita yang baik dan benar. Dan juga bagaimana cara mengedit sebuah berita agar berita tersebut terlihat menarik.

 

Peserta juga di beri kewenangan untuk turun kelapangan melakukan wawancara langsung seperti wartawan yang sesungguhnya. Dengan tujuan untuk melatih mental seorang wartawan.

 

 

Penulis : rio