Tim Kukerta Mahasiwa Unri Ikut Serta Bersama Siswa-Siswi TK Kartika dan Kartini Jelajah Peninggalan Budaya Siak Kunjungan Museum Balairung Sri

Senin, 15 Agustus 2022

PELITARIAU, Siak - Tepatnya pada hari Jum'at 22 Juli 2022, Tim Kukerta Universitas Riau (Unri) turut serta dalam kegiatan kunjungan Museum Balairung Sri oleh siswa-siswi TK Kartika dan TK Kartini Desa Banjar Seminai Kabupaten Siak.

Kunjungan ini merupakan salah satu program dari pemerintah kecamatan Dayun yang bertujuan untuk meningkatkan literasi budaya usia dini. 

Sementara itu, Kegiatan literasi budaya diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan para usia dini tentang budaya dan peninggalan sejarah Kabupaten Siak.

Mengenal Museum Balairung Sri
Museum Sejarah dan Budaya Balairung Sri berada dikawasan pinggir Sungai Siak dan berhadapan langsung dengan muara Sungai Mempura. 

Museum ini terdiri dari dua lantai, dengan desain arsitektur khas melayu dan tangga unik berbentuk spiral. Bangunan museum ini masih asli sejak dulu, hanya saja dilakukan pemugaran dan masih bisa difungsikan.

Dalam Museum Balairung Sri terdapat beragam koleksi alat-alat perang, alat pengkap ikan, alat permainan rakyat, dan lainnya. Disertai dengan foto para sultan yang pernah memimpin Kerajaan Siak dan kegiatan yang dilakukannya.

Literasi budaya sangat diperlukan dalam rangka membangun identitas bangsa Indonesia. Dalam situasi masyarakat global yang semakin dipengaruhi perkembangan zaman, literasi budaya sangat penting untuk menyelamatkan dan mengembangkan budaya Indonesia, terutama di bumi melayu.**Prc6