10 Mahasiswa UNRI Balek Kampung, Laksanakan Kukerta di SDN 018 Maredan

Rabu, 27 Juli 2022

Tim Kukerta Desa Maredan yang terdiri dari Sepuluh Mahasiswa UNRI yang berasal dari Kabupaten Siak ini, membuat program kerja yakni pengembangan Media Pembelajaran Sederhana

PELITARIAU, Pekanbaru - Sepuluh orang Mahasiswa Universitas Riau melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di SDN 018 Desa Maredan Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak Riau, Selasa 26 Juli 2022.

Tim Kukerta ini di Ketuai oleh Raja Sonang (Sosiologi), Wakil Ketua Rahmat Ali Bahri (Penjaskesrek), Sekretaris 1 Marsela Wulandari (Pendidikan Fisika), Sekretaris 2  Siti Nurhaliza (Pendidikan Fisika), Bendahara Viona Sephia Putri (Matematika).

Kemudian, Korlap Anitia (Teknologi Hasil Perikanan), Humas Setia Febriani Hammy (PGSD), Kominfo Selvya Nadilla (Pendidikan Biologi), bersama Aura Sandra (Pendidikan Biologi) dan Perlengkapan : Gevin Alexandro (Teknik Mesin), beserta Dosen Pembimbing Lapangan  Dr. Irda Sayuti, M.Si.

Disebutkan Dosen Pembimbing Lapangan  Dr. Irda Sayuti M.Si kepada PELITARIAU.com, Di Indonesia sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode ceramah secara terus-menerus dalam proses pembelajaran kurang tepat karena dapat menimbulkan kejenuhan pada siswa. 

Dikarenakan hal tersebut, Dosen pembimbing lapangan kukerta Unri ini melakukan kegiatan pengabdian bersama para mahasiswa untuk mengajar dengan menggunakan media pembelajaran.

Selain itu kata Irda Sayuti,  pembelajaran akan lebih menarik bagi siswa. Fungsi media dalam proses pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran terutama membantu siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Pembelajaran di SDN 018 Maredan saat ini masih menerapkan metode ceramah. Ditambah lagi, selama COVID 19 pembelajaran tatap muka dilakukan secara hybrid learning dimana siswa melakukan pembelajaran secara daring dan luring (50% secara bergilir).

Oleh karena itu, Tim Kukerta Desa Maredan yang terdiri dari Sepuluh Mahasiswa UNRI yang berasal dari Kabupaten Siak ini, membuat program kerja yakni pengembangan Media Pembelajaran Sederhana untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa di  kelas 5 SDN 018 Maredan.

Media pembelajaran yang dibuat berhubungan dengan mata pelajaran IPA tema 5 sub tema 1 tentang Ekosistem. 

Tim Kukerta Desa Maredan memberikan  panduan penggunaan media, dan pengarahan penggunaan media kepada guru kelas 5. Media pembelajaran yang dibuat yaitu Pop Up Box Ekosistem terdiri dari komponen ekosistem (biotik dan abiotik), jenis ekosistem (ekosistem alami dan buatan), jenis makanan hewan (herbivora, karnivora dan omnivora) dibarengi games.

Respon warga sekolah SDN 018 Maredan terhadap pengembangan Media Pembelajaran Sederhana ini, dinilai sangat baik, bahkan salah seorang guru Bu Ani yang juga selaku Wali kelas 5 SDN 018 Maredan, mendukung program kerja ini.

Ibu Guru Ani berharap kedepannya dengan adanya media pembelajaran sederhana ini akan dapat memotivasi peserta didik untuk meningkatkan proses belajarnya. **Prc7