Anggaran dipangkas Pusat, Dumai Tunda Pelelangan Proyek 2015

Selasa, 17 Maret 2015

PELITARIAU, Dumai - Pemerintah Kota Dumai menunda proses pelelangan kegiatan proyek pembangunan pada tahun ini karena harus menyesuaikan anggaran yang mengalami penurunan karena dampak berkurangnya Dana Bagi Hasil dari pemerintah pusat.


"Anggaran kegiatan disusun ulang di semua satuan kerja yang akan mengadakan kegiatan  proyek pelelangan," kata Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdako Dumai Fauzi Efrizal, Selasa.


Dijelaskan, pengurangan dana transfer pusat ke daerah diprediksi ratusan miliar rupiah tersebut sangat berpengaruh terhadap rencana pembangunan yang sebelumnya sudah disusun. Sebab, dari rencana awal yang sudah disiapkan, terpaksa harus diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan penting yang mendesak.


"Semua anggaran pembangunan dirasionalisasi dan hanya diprioritaskan untuk kegiatan yang dibutuhkan masyarakat," jelasnya.


Sebelum itu, kepanitiaan pelelangan ini juga sudah dibentuk dan dibagi dalam empat kelompok kerja (Pokja), yaitu konstruksi 1, konstruksi 2, pengadaan dan konsultan.


Susunan kepanitiaan Pokja tersebut lanjut dia, ditetapkan dengan menunjuk pejabat teknis berkompeten dan memiliki sertifikasi kelayakan sesuai ketentuan berlaku.


"Panitia sudah dibentuk dan akan segera bekerja setelah penyesuaian anggaran kegiatan pelelangan tuntas," terangnya.


Dia menyebutkan, pada 2014 lalu, kegiatan pembangunan dan pengadaan yang dilelang oleh pemerintah daerah sebanyak 228 paket dengan nilai pagu anggaran sebesar Rp283 miliar. ***

 

Penulis: Bie

Editor: Ramdana