Yayasan Bundatara Bersama Walubi Riau dan LKBI Riau Gelar Perayaan Hari Trisuci Waisak di Vihara Long Hong Kiong

Kamis, 26 Mei 2022

Yayasan Bundatara Bersama Walubi Riau dan LKBI Riau Gelar Perayaan Hari Trisuci Waisak di Vihara Long Hong Kiong, Rabu malam 25 Mei 2022

PELITARIAU, Pekanbaru - Yayasan Bundatara bersama Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Riau dan Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI) Riau, menggelar Perayaan Hari Trisuci Waisak di Vihara Long Hong Kiong di jalan Gotong Royong No.8 Bukit Barisan III Riau Ujung Pekanbaru, Rabu malam 25 Mei 2022.

Dalam merayakan Hari Trisuci Waisak tahun ini, Yayasan Bundatara dan Vihara Long Hong Kiong, baru pertama kalinya menggelar kegiatan Pemandian Rupang Buddha.

Ketua Yayasan Bundatara Drs Darfin, yang diwakili Sekertaris Yayasan Bundatara Merina berharap kegiatan ritual Pemandian Rupang Buddha ini akan terus dilakukan pada tahun berikutnya.

"Kami mengadakan acara ini dengan sederhana, mudah mudahan tahun depan kami dapat mengadakan acara ini lebih besar lagi," harap Merina.

Sementara, Ketua panitia pelaksana kegiatan ini Sudirman SH MH, yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI) Riau menyebutkan, rangkaian kegiatan ini diantaranya Pradaksina, yakni salah satu aktivitas puja bakti dalam agama Buddha, yaitu sikap untuk menjunjung tinggi tempat -tempat suci dengan cara berjalan berkeliling Vihara searah jarum jam dari Timur ke Barat sebanyak tiga kali. 

Masih kata Sudirman, rangkaian kegiatan ini dilanjutkan dengan  ritual mandi Rupang Buddha dan baca Palitta yang dipimpin oleh Anggota Bhikkhu Sangha Karma Sangchup dari Vihara Samdup Cho Khorling.

"Ya, sesuai agenda yang telah kami siapkan, acara malam ini diantaranya Pradaksina, dilanjutkan dengan  ritual mandi Rupang Buddha dan baca Palitta yang dipimpin oleh Anggota Bhikkhu Sangha Karma Sangchup dari Vihara Samdup Cho Khorling," terang Sudirman.

Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Riau, Kong On kepada PELITARIAU mengatakan kegiatan perayaan Waisak tahun ini, Walubi Riau telah menggelarnya dibeberapa tempat.

"Perayaan ini telah dilakukan dibeberapa Vihara dan Cetya, diantaranya pada Minggu 15  Mei 2022 di Vihara Samdup Cho Khorling komplek Mal SKA, dan Senin Mei 2022 di Cetya Avalokitesvara jalan Lili II dan malam ini Rabu 25 Mei 2022 di Vihara Long Hong Kiong di jalan Gotong Royong Bukit Barisan III Riau Ujung," sebut Kong On.

Perayaan Hari Trisuci Waisak di Vihara Long Hong Kiong ini turut dihadiri Wakil ketua FKUB Bidang Agama Buddha Erna Willianti.

"Kami sangat bersyukur dan bahagia tahun ini umat Buddha dapat merayakan Hari Trisuci Waisak di Vihara masing-masing, kami turut mendoakan agar semua umat sehat dan panjang umur, ekonomi kita juga berjalan dengan lancar," harap Erna Willianti. 

Terlihat, Perayaan Hari Trisuci Waisak di Vihara Long Hong Kiong ini berjalan dengan hikmat, Umat Buddha yang melakukan ritual Puja telah berdatangan sejak pukul 19.00 WIB. **Prc7