Dinas Perhubungan Kuansing Akan Pasang 220 Lampu PJU di Tahun 2022

Jumat, 20 Mei 2022

Kepala Dishub Kabupaten Kuansing, Marhumala Pontas, SP

PELITARIAU, Kuansing - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau melalui Dinas Perhubungan akan melakukan pemasangan lampu Penerang Jalan Umum (PJU) sebanyak 220 unit di tahun 2022. Lampu PJU merupakan lampu yang digunakan untuk penerangan jalan di malam hari, untuk mempermudah para pejalan kaki dan kendaraan yang berfungi untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan lalu lintas. 

Hal ini disampaikan  Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kuansing, Marhumala Pontas, SP kepada wartawan Kamis (19/05/2022) di Teluk Kuantan mengatakan, lampu PJU dapat berfungsi sesuai yang diharapkan sehingga masyarakat pemakai jalan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi jalan yang gelap. 

Dikatakannya, sebanyak 220 unit lampu PJU yang akan dipasang di bagi beberapa titik di desa dan kecamatan yang ada kabupaten Kuansing, diantaranya, Komplek kantor pemda terdapat 41 titik, rumah adat 6 titik, rumah dinas Bupati sampai alkal 27 titik, Mesjid Mekkah sampai Sitorajo kari 27 titik, Pulau Bungin 20 titik, Inuman dan Cerenti 99 titik. 

"Mekanisme untuk menentukan titik lokasi pemasangan yang akan menjadi prioritas ada beberapa pertimbangan dan permintaan dari masyarakat. Juga tempat-tempat seperti akses perdagangan, pemukiman, daerah rawan kecelakaan, kriminal, tempat ibadah, tikungan, dan tempat pariwisata akan menjadi prioritas kami," ujar Marhumala Pontas. 

Dijelaskannya, dengan menggunakan meterisasi di fasilitas lampu PJU memiliki banyak keuntungan. Hal yang utama, pemasangan untuk program efisiensi dan efektivitas pembayaran tagihan. Kalau tidak ada alat pencatat maka tagihan tidak bisa diketahui pasti. Dengan adanya meteran maka penggunaan bisa terukur dan terpantau dengan baik. 

"Untuk pelayanan pengaduan masyarakat jika terdapat lampu PJU yang mengalami kerusakan, masyarakat dapat langsung menghubungi Dishub Kuansing. Dishub mengajak masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga serta merawat fasilitas umum tersebut, karena ini kebutuhan masyarakat," jelasnya. 

Marhumala berharap upaya dengan adanya lampu PJU ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan dan penerangan masyarakat dalam beraktivitas, juga dapat menurunkan angka kriminalitas serta memberikan dampak positif.

"Mari kita sama-sama jaga fasilitas yang disediakan pemerintah, karena lampu PJU itu dipasang juga untuk kepetingan kita bersama," tutupnya.**Adv Kominfo Kuansing