Lapas Kelas IIB Selatpanjang Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Jumat, 20 Mei 2022

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Lapas Selatpanjang Khairul Bahri Siregar menyampaikan pidato sambutan dari Menteri Komunikasi Dan Informatika RI. Beliau menyampaikan bahwa ‘’ Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita ma

PELITARIAU, Meranti - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-114 dengan Tema “Ayo Bangkit Bersama!”, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Selatpanjang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022 di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Upacara ini diikuti oleh Kalapas Selatpanjang beserta jajaran di halaman lapangan Lapas Selatpanjang pada Jumat, 20 Mei 2022 pukul 08.00 WIB s/d selesai.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Lapas Selatpanjang Khairul Bahri Siregar menyampaikan pidato sambutan dari Menteri Komunikasi Dan Informatika RI. Beliau menyampaikan bahwa ‘’ Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional’’. Beliau menyampaikan tentang sejarah singkat budi utomo yang merupakan salah satu awal tumbuhnya kebangkitan nasional.

‘’ Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa’’ ujarnya.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

‘’Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini’’ tambahnya.

Diakhir pidato, Kalapas Selatpanjang menyampaikan tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi COVID-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Pelaksanaan upacara pada pagi hari ini berlangsung secara khidmat dan tertib. Beliau berharap dari peringatan 114 tahun kebangkitan nasional ini kita semua bisa terus memelihara, menumbuhkan , dan menguatkan semangat gotong royong sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan dan selalu optimistis dalam memghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi covid-19 dalam semangat “Ayo Bangkit Bersama!” **