Prediksi AKD di DPRD Inhu, Dasmun: Harus Ada Sesuai Keilmuan

Rabu, 18 Mei 2022

Wakil ketua DPRD Inhu, Masyrullah (menggunakan peci hitam) wartawan senior Dasmun (menggunakan topi pet)

PELITARIAU, Inhu - Setelah dua setengah tahun masa jabatan anggota DPRD Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, sesuai dengan aturan yang ada dan Tata tertib di DPRD Inhu, maka dilakukan roling pergantian komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Sejumlah wajah lama dan dinilai memiliki keilmuan masih mendominasi memimpin AKD dan komisi komisi di DPRD Inhu.

DPRD Kabupaten Inhu dikabarkan Rabu (18/5/2022) melakukan pembacaan komposisi AKD dan komisi komisi di DPRD Inhu, masa jabatan untuk dua setengah tahun kedepan dalam sidang paripurna dewan.

"Undang paripurna roling AKD dan membacakan komposisi AKD sudah dibuat, undangan itu dijadwalkan Rabu 18 Mei 2022 pulik 14.00 WIB," kara wakil ketua DPRD Inhu Masyrullah SP dikonfirmasi wartawan Rabu (18/5/2022).

Ketika ditanyakan apakah ada konflik di internal DPRD dalam penyusunan AKD dan lobi lobi politik? Politisi PKB Inhu ini menjelaskan tidak ada persoalan apalagi masalah ketika ada lobi lobi di DPRD Inhu, apa yang terjadi hanyalah sebuah dinamika. 

"Intinya paripuna roling AKD ini sudah sesuai dengan aturan dan sebelumnya sudah di jadwalkan oleh Banmus DPRD Inhu tentang agenda paripuna pembacaan komposisi AKD DPRD Inhu," jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, Drs Dasmun Ahmad wartawan senior yang aktif melakukan pengamatan kerja DPRD Inhu sejak dua setengah tahun terakhir ini menjelaskan,  roling AKD dan pengisian KSB pada komisi dan lobi lobi politik di DPRD Inhu jelang dilakukan paripurna oleh DPRD Inhu, merupakan hal yang lumrah dan tidaklah sebuah masalah.

"AKD atau ketua pada komisi di DPRD haruslah diisi oleh figur yang memiliki integritas dan sesuai dengan keilmuan anggota dewan itu," kata Dasmun.

Berdasar pengamatan PELITARIAU.com,  AKD di DPRD Inhu diprediksi ketua komisi I  bukan dari Golkar, ketua komisi II diprediksi dari PKB, ketua komisi III diprediksi dari partai PAN dan ketua komisi IV diprediksi dari PPP dan ketua Bapem Perda diprediksi dari PDI. **Prc