Sambut Hari Waisak PSMTI Riau Bagikan Peket Untuk Warga dan Para Guru Pendidikan Agama Buddha Non Sertifikasi

Kamis, 12 Mei 2022

Pembagian paket Waisak ini berlangsung di Sekretariat PSMTI Riau Jalan Setiabudhi, Pekanbaru, Kamis (12/05/2022).

PELITARIAU, Pekanbaru -  Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Riau membagikan paket Waisak kepada warga dan para  guru-guru pendidikan Agama Buddha non sertifikasi yang ada  diwilayah Pekanbaru. 

Pembagian paket Waisak ini berlangsung di Sekretariat PSMTI Riau Jalan Setiabudhi, Pekanbaru, Kamis (12/05/2022).

Terlihat hadir dalam penyerahan Baksos  Paket Waisak ini diantaranya, Ketua Harian PSMTI Riau Romo Dharmaji Chowmas, Sekjen PSMTI Riau Romo Toni Sasanasurya,  Wakil Ketua PSMTI Riau Bidang Hukum dan Advokasi Sudirman SH MH, Wakil ketua PSMTI Riau Bidang Humas dan media Ket Tjing serta para pengurus PSMTI Riau lainnya.

Ketua Harian PSMTI Riau Romo Dharmaji Chowmas kepada PELITARIAU menyebutkan, pembagian paket Waisak ini merupakan kegiatan rutin PSMTI Riau. Tahun ini, terdapat 65 paket yang dibagikan. Berisi minuman kaleng, susu, kopi, gula dan makanan ringan.

Masih kata Romo Dharmaji Chowmas, selain diberikan kepada warga yang merayakan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 M, PSMTI Riau juga memberikan paket tersebut kepada para guru-guru pendidikan Agama Buddha.

"Kegiatan ini merupakan kepedulian PSMTI Riau, disaat warga merayakan hari raya, tidak hanya di saat perayaan Waisak, namun momen ini juga dilakukan disaat perayaan keagamaan lainnya, seperti Idul Fitri, Imlek, Natal dan Hari Raya Nyepi," terang Romo Dharmaji Chowmas.

Sementara itu, Romo Toni Sasanasurya menambahkan, perayaan Waisak di Pekanbaru akan berlangsung sederhana. Lebih banyak ke bakti sosial dan ritual keagamaan, mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Beberapa organisasi dan majelis kegamaan Buddha telah melaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako. Kunjungan dan baksos ke Candi Muara Takus dan pembagian takjil untuk umat Muslim saat Bulan Ramadan kemarin," kata Romo Toni Sasanasurya.

Romo Toni berharap umat Buddha yang merayakan Waisak tahun ini, tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (prokes) Covid-19, meskipun pandemi sudah landai.

Salah seorang guru penerima paket Waisak, Sutiman kepada awak media mengucapkan terima kasih kepada PSMTI Riau yang sangat  peduli kepada para guru-guru pendidikan Agama Buddha.

Wakil ketua PSMTI Riau Bidang Humas dan media Ket Tjing menambahkan, Perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE/2022 M tahun ini, juga akan dilaksanakan di Pusdiklat Bumi Suci Maitreya Jalan Bukit Barisan III Riau Ujung, pada hari Minggu dan Senin (15 dan 16 Mei 2022).

"Acara di Pusdiklat Bumi Suci Maitreya diantaranya Mandi Buddharupang dan ada juga bazar vegetarian yang akan diikuti sebanyak  22 Stan, dan acara ini nantinya berlangsung dengan prokes kesehatan guna menghindari penyebaran virus Covid-19," sebut Ket Tjing.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah RI  melalui SKB 3 Menteri telah menetapkan Hari Raya Waisak 2566 BE jatuh pada hari Senin 16 Mei 2022. **Prc7