Mulyadi: Jangan Ngaku ke Rengat Kalau Tak ke Wisata Danau Ranau Raja

Sabtu, 07 Mei 2022

Objek wisata Danau Raja Rengat

PELITARIAU, Inhu - Danau di Indonesia biasanya terletak jauh dari pemukiman penduduk, tapi berbeda dengan danau yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)-Riau, Danau Raja namanya. Danau Raja merupakan danau yang terdapat di tengah kota bersejarah ini mudah dikunjungi wisatawan dan wisatawan bisa menikmati fasilitas yang disediakan oleh CV Mulia Pratama cukup hanya membayar Rp10 ribu rupiah.

Sejak Danau Raja dikelola secara profesional oleh pihak ketiga sejak setahun terakhir ini, berbagai fasilitas untuk menikmati liburan di objek wisata Danau Raja sudah mumpuni, selain wisatawan bisa menikmati keliling Danau Raja dengan sampan mesin, spot foto juga disediakan di objek wisata Danau di tengah kota ini.

Direktur CV Mulia Pratama Mulyadi SIP berbincang dengan wartawan ditengah kesibukannya Jumat (7/5/2022) menjelaskan, wisatawan yang datang ke Danau Raja Rengat selain berasal dari Kabupaten kota yang ada di Riau, ada juga wisatawan yang sengaja datang ke Danau Raja Rengat berasal dari Provinsi Jambi, Lampung, Medan dan Provinsi lainnya.

"Ramai betul pengunjung Danau Raja, tapi kami tetap menyarankan kepada pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, mereka para wisatawan mengaku belum sampai ke Rengat, kalau tidak mengunjungi Danau Raja," kata Mulyadi.

Mulyadi yang diketahui putra asli Kampung Dagang ini mengaku, kalau Danau Raja Rengat tersebut berada di Kelurahan Kampung Dagang, dalam pengelolaan Danau Raja dirinya melibatkan pemuda setempat untuk melayani kebutuhan para wisatawan yang menikmati liburan Idul Fitri.

"Mulai dari parkir yang kami tata, sampai dengan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke Inhu yang mengunjungi Danau Raja Rengat ini, kami juga memaksimalkan perawatan kebersihan Danau Raja," ujar Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan, kalau CV Mulya Pratama dipercaya oleh Dinas pemuda olahraga dan pariwisata (Dispora) Kabupaten Inhu sebagai pihak pengelola dalam meningkatkan pendapatan dalam hal retribusi pengelolaan pariwisata Danau Raja Rengat.

"Kami mengharapkan saran dan masukan dari semua pihak, agar kami terus bisa meningkatkan pelayanan di objek wisata Danau Raja Rengat," ujar Mulyadi.

Dilokasi objek wisata Danau Raja Rengat, masyarakat setempat juga menjual berbagai macam kuliner daerah asli Rengat, mulai dari kue bawang, dodol kedondong dan berbagai macam kuliner lainya yang ada di cefe terapung. Pada kali ini selain sampan mesin saran berkeliling di Danau Raja Rengat, juga ada  bebek air, istana balon permainan anak dan trampolin. **prc