Dorong Ekonomi Keluarga, Kadis DP3AP2KB Riau Buka Bazar Industri Rumahan

Kamis, 07 April 2022

D3AP2KB Provinsi Riau membuka kegiatan bazar industri rumahan bagi ibu rumah tangga, bertempat di halaman kantor DP3AP2KB Provinsi Riau, Kamis (7/5/2022).

PELITARIAU, Pekanbaru - Dalam rangka untuk mendorong peningkatan ekonomi keluarga dan tumbuhnya industri rumahan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (D3AP2KB) Provinsi Riau membuka kegiatan bazar industri rumahan bagi ibu rumah tangga, bertempat di halaman kantor DP3AP2KB Provinsi Riau, Kamis (7/5/2022).

Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau Fariza menyampaikan bahwa, kegiatan bazar ini merupakan kegiatan rutin dilakukan setiap tahun yang telah sudah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir.

Ia menerangkan bazar ini juga diselenggarakan oleh Forum Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan (PPEP) Kota Pekanbaru yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga di Kota Pekanbaru. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya industri rumahan agar dapat meningkatkan ekonomi keluarga," ucapnya.

Fariza menyampaikan, forum PPEP ini sudah terbentuk dari tiga tahun yang lalu dan anggota yang tergabung di forum ini diberi pembinaan melalui pelatihan keterampilan dan monitoring hingga masing-masing anggota memiliki keahlian untuk menciptakan produk industri rumahan, seperti produk kerajinan tangan, sabun, dan produk kuliner.

Sebutnya, saat ini Forum PPEP setiap satu minggu sekali juga rutin berjualan di tempat yang difasilitasi DP3AP2KB Provinsi Riau. Ia berharaplah, kedepannya forum ini agar dapat bekerjasama dengan dinas dan instansi terkait seperti Disperindagkop untuk memasarkan produk-produk ini kedepannya.

"Kita harapkan forum ini semakin berkembang dan kita harapkan pula dapat membantu ekonomi keluarga," sebutnya.

Disamping itu, dalam kesempatan yang sama salah seorang anggota Forum PPEP, Sutrisni yang mengikuti bazar tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga karena pemerintah melalui DP3AP2KB telah memfasilitasi kegiatan Forum PPEP ini.

“Kami sangat berterimakasih dengan DP3AP2KB, karena sudah memfasilitasi forum kami untuk menjadi binaannya. Dengan adanya Forum PPEP ini, kami bersyukur bisa mendapat ilmu tambahan untuk produk-produk yang diciptakan dengan adanya pelatihan yang difasilitasi oleh DP3AP2KB," tutupnya. **Prc7