Kakanwil Kemenag Riau: Pentingnya Dialog Lintas Agama Untuk Melihat Kerukunan Beragama

Rabu, 23 Maret 2022

Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama Riau Mahyudin

PELITARIAU, BENGKALIS -  Untuk memastikan kerukunan umat beragama berjalan baik di Riau sekaligus menyongsong Tahun Toleransi 2022  diperlukan dialog lintas agama agar bisa memastikan kerukukan beragama berjalan baik.

Hal tersebut disampaikan  Kepala Kantor Wilayah  Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Mahyudin dalam acara Roadshow Kerukunan beragama di Gedung Pertemyan Desa Teluk Rhu Kecamatan Rupat Utara kabupaten Bengkalis, Selasa (22/3/2022).

"Dialog Lintas Agama dan kegiatan lainnya merupakan upaya Kemenag Riau dalam mendukung program prioritas Menteri Agama, salah satu diantaranya tahun toleransi,"ujar Mahyudin.

Untuk itu, roadshow kerukunan ke daerah- daerah yang ada di Riau, khususnya daerah terluar dan terdalam untuk memastikan kerukunan sudah berjalan dengan baik.

"Roadshow ini sengaja kita lakukan untuk mendukung persiapan tahun toleransi 2022 yang akan dicanangkan oleh Presiden RI. Untuk itu, kami kesini untuk memastikan kerukunan berjalan baik, kalaupun ada masalah mari kita bahas dalam forum ini dengan mencari solusi bersama," ungkap Mahyudin.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dasril Wahyudi menyebutkan, kegiatan diikuti oleh 25 orang peserta terdiri dari pengurus FKUB, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Tokoh wanita dari agama Islam, Protestan dan Budha.

"Melalui kegiatan Dialog Lintas Agama diharapkan tercipta kedamaian dan saling menghargai antar pemeluk agama sehingga terwujud kenyamanan dalam mencapai kesejahteraan, serta untuk meningkatkan pemahaman para pemeluk agama dalam menginternalisasi nilsi- nilai moderasi beragama sehingga terwujud toleransi beragama di Indonesia," harapnya. **Prc7