Pemkab Kuansing Kehabisan Blangko e-KTP

Selasa, 08 Maret 2022

Blangko e-KTP

PELITARIAU, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) kehabisan persediaan blangko e-KTP. Akibatnya  permohonan e-KTP tidak terlayani dengan maksimal.

"Hari ini (Senin,red) blangko habis. Menipisnya ketersedian blangko sudah terjadi sejak awal tahun lalu," kata Kadisdukcapil Kuansing, H Refendi Zukman, Senin (8/3).

Berangkat dari kondisi itu, kata Refendi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kuansing akan meminjam blangko e-KTP ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil.

"Mungkin besok staf akan ke Rohil meminjam blangko e-KTP. Peminjaman sudah disetujui Kadisduk Rohil. Tinggal jemput saja," katanya.

Ia mengatakan sudah mengajukan permintaan blangko e-KTP ke Dirjen Dukcapil dan sudah disetujui tapi masih dalam perjalanan.
"Kita berharap masyarakat bersabar. Semoga beberapa hari kedepan permohonan e-KTP bisa dilayani lagi," terangnya.

Masih kata Refendi, kondisi blangko bukan cuma terjadi di Kabupaten Kuansing, tapi hampir di seluruh kabupaten kota di Indonesia. "Hampir kabupaten/kota tetangga rata-rata habis," ungkapnya.

Dia menjelaskan pihaknya telah mengumumkan hal tersebut untuk meminimalisir adanya keluhan dari masyarakat yang belum menerima blangko KTP walau sudah menerima jadwal. 

"Kami memasang pengumuman, kami tidak dapat berbuat banyak karena kewenangan pengadaan blangko itu adanya di pusat, di Kementerian Dalam Negeri bukan di kabupaten kota," jelasnya. 

Hingga kini proses perekaman e-KTP masih berjalan. Namun warga yang telah melakukan perekaman tidak mendapatkan blanko e-KTP maupun surat keterangan (Suket).  "Kalau perekaman masih jalan, cuma hasil perekamannya kita belum bisa cetak KTP nya," terangnya. **Prc7