Bupati Meranti Lantik 32 Anggota BPD Kecamatan Tebingtinggi

Selasa, 03 Maret 2015

PELITARIAU, Selatpanjang –Sebanyak  32 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) resmi dilantik Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir Msi. Anggota BPD ini berasal dari 4 Desa di Kecamatan Tebingtinggi, yang dilantik dihalaman perkantoran Camat Tebingtinggi pada Selasa (3/3).

Dalam sambutannya Bupati Kepulauan Meranti H.  Irwan mengatakan bahwa pelantikan anggota BPD di Kecamatan Tebingtinggi, ini merupakan pelantikan anggota BPD se- Kabupaten Kepulauan Meranti dari jumlah 68 anggota BPD yang masa tugas mereka berakhir.

"Dari  semula 73 Desa di Meranti , sejak dilakukan pemekaran terhadap 28 Desa, total jumlah Desa yang ada di Kepulauan Meranti menjadi 101 Desa,"kata Irwan.

Dikatakan Bupati lagi, selaku anggota BPD memiliki fungsi tugasnya dan tanggungjawab untuk mengamalkan dasar negara yaitu Pancasila. Disamping itu juga melaksanakan kehidupan demokrasi sesuai dengan Undang – undang 1945. Serta menjalankan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Dalam waktu dekat, pemilihan kepala Desa (Pildes) akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah di Meranti. Sebanyak 28 Desa yang masa kepempinan Kadesnya telah berakhir,  akan melaksanakan pildes pada bulan April 2015 mendatang. Untuk itu, anggota BPD sudah bisa mempersiapkan kepanitian pada pildes disetiap Desa yang akan menyelenggarakan pesta Demokrasi tersebut.

"Sebanyak 28 Desa di sejumlah Kecamatan di wilayah Meranti, akan menyelenggarakan pesta demokrasi pilkades. BPD agar mempersiapkan panitia Pildes menurut aturan dan ketententuan yang berlaku," ungkap Irwan Nasir.

Irwan juga menjelaskan, Sesuai mekanisme Undang-undang bakal calon kepala Desa maksimalnya 5 orang. Dari itu panitia agar dapat menyeleksi para calon yang akan turut serta pada pesta demokrasi tersebut.

Sebab, saat ini cerita Pildes dimasyarakat semakin hari semakin ramai dibicarakan. Selanjutnya Pilkada di Meranti akan dilaksanakan pada bualan Desember 2015 mendatang.
 


Penulis: Doni Ruby Saputra
Editor.  :rio