Wujudkan Indonesia Emas 2045, Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa UP Tingkatkan SDM Yang Kompetitif

Sabtu, 15 Januari 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, saat memberi sambutan dalam sidang senat terbuka sampena dies natalis ke V Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Riau.

PELITARIAU, PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Memparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, mengajak mahasiswa Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai untuk meningkatkan SDM yang unggul dan berkualitas guna mewujudkan Indonesia emas 2045.

"Selamat untuk wisudawan dan wisudawati yang sudah melaksanakan wisuda hari ini, dan marilah bergabung dengan kami untuk tingkatkan SDM yang unggul dan kompetitif melalui inovasi, adaptasi, juga kolaborasi guna wujudkan Indonesia emas 2045," ajak Bang Sandi, panggilan akrab Memparekraf saat memberi sambutan secara virtual dalam sidang senat terbuka sampena dies natalis ke V Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Riau yang berlangsung di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (15/01/2022).

Bang Sandi menyebutkan, negara maju adalah negara yang memiliki kualitas infrastruktur, dan visi Indonesia emas 2045 harus terus digaungkan. Ekonomi kreatif menjadikan SDM sebagai modal utama mampu menjadikan produk yang nilainya rendah menjadi produk bernilai dan berdaya jual tinggi.

"Mari terus gaungkan ekonomi kreatif dalam penciptaan wirausaha, bagaimana antripreneur yang berinovasi terus bergerak handal dalam berbagai bidang bisa kita hadirkan," ujar Bang Sandi.

Selain itu, Bang Sandi juga mengungkapkan, transformasi digital sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu cara upaya mitigasi pada saat pandemi COVID-19 yang saat ini masih melanda Indonesia bahkan dunia.

"Transformasi digital ini bertujuan untuk menghadirkan pemenang dalam masa pandemi COVID-19 ini dengan membuka peluang bisnis dalam ekonomi digital yang semakin pesat," ungkapnya.

Menurut Bang Sandi, pemerintah berkomitmen mengembangkan ekonomi kreatif dengan pilar-pilar utama ekonomi digital, dan transformasi menggunakan berbagai pilar dan program artificial intelligence (AI) seperti Metaverse, Minimum Viable Product (MVP), Cryptocurrency dan program-program yang didorong oleh pemerintah.

"Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Digital Talent, Parekraf Entrepreneur sebagai bentuk fasilitasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menuju transformasi digital," imbuh Bang Sandi.

Dijelaskan, bahwa pihaknya terbantukan dengan transformasi ekonomi yang saat ini memasuki ekonomi lebih berkeadilan pascareformasi.

"Sekarang kita memasuki fase ekonomi yang difasilitasi oleh digitalisasi. Dimana saatnya anak muda mengambil peran untuk menjadi terdepan," ujar Bang Sandi.

Program pemerintah saat ini, jelas Bang Sandi, berorientasi pada pemulihan perekonomian Indonesia agar dapat mendorong pemanfaatan digitalisasi ekonomi, baik pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga peluang bagi masyarakat, khususnya ekonomi, terbuka luas juga penciptaan lapangan kerja untuk penghasilan tambahan dapat dicapai dengan baik. "Berbagai ide inovatif telah dirancang dan diimplementasikan sebagai upaya pemulihan ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, memperluas kesempatan kerja dan mendayagunakan UMKM sebagai 97% pencipta lapangan kerja," terangnya.

Pada kesempatan itu, Bang Sandi juga menyatakan, pemerintah hadir untuk memahami kebutuhan rakyat, menjangkau melalui program yang tepat sasaran, manfaat dan tepat waktu dalam membangun kondisi sosial ekonomi masyarakat, memberikan pemahaman yang komprehensif juga membantu agar lebih kuat, lebih adil dan setara.

"Mari pastikan sumber daya terdistribusi secara adil dan merata dengan ketegasan, kecepatan eksekusi, implementasi program dan kebijakan strategi," ujar Bang Sandi. **Prc7