Asisten III Setdaprov Riau Hadiri Sidang Senat Terbuka Sampena Dies Natalis V Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Sabtu, 15 Januari 2022

Asisten III Setdaprov Riau Joni Irwan, saat menyerahkan sertifikat bersemepena sidang senat terbuka, Dies Natalis V Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

PELITARIAU, PEKANBARU - Asisten III Setdaprov Riau Joni Irwan, menghadiri sidang senat terbuka sampena dies natalis V Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai, Riau, di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (15/01/2022).

Dalam sambutannya, Joni mengucapkan selamat hari jadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dan melalui sidang senat terbuka ini sebagai bentuk menjalin silahturahmi.

Joni juga mengungkapkan bahwa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai merupakan salah satu perguruan tinggi yang masih belia. Namun, UP Tuanku Tambusai Riau ini telah melahirkan sarjana-sarjana yang berkualitas dibidangnya.

"Dengan visinya menjadi universitas yang berfokus pada kualitas dan kewirausahaan di Asia Tenggara pada tahun 2041," ungkap Joni.

Joni menuturkan, dia sungguh bahagia melalui sidang sarjana dan Universitas Tuanku Tambusai hari ini akan mewisudakan mahasiswa yang telah selesai menembus dunia perkualiahan.

"Kita akui bahwa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai telah menghasilkan alumni-alumni yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Provinsi Riau," ucap Joni.

Menurut Joni, sebagai salah satu perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Provinsi Riau  Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai memposisikan diri sebagai perguruan tinggi yang eksis dalam mencetak generasi- generasi muda yang berilmu pengetahuan, dan mampu berkompetisi menghadapi dunia kerja maupun membuka usaha secara mandiri.

"Kehadiran perguruan tinggi di Provinsi Riau merupakan hal yang sangat dibutuhkan yang salah satu fungsinya adalah, sebagai sarana mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa," ungkap Joni.

Perguruan tinggi merupakan wahana pembinaan karakter anak-anak bangsa agar dapat memberikan ide - ide yang kreatif dalam mengembangkan Provinsi Riau lebih baik lagi kedepannya.

"Dengan menghasilkan ide-ide cemerlang, berkontribusi untuk perkembangan Provinsi Riau maupun kemajuan bangsa," harap Joni.

Sementara itu, Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Prof Dr Amir Luthfi, mengatakan, sebagai sebuah universitas yang baru berdiri, civitas akademika Universitas Pahlawan (UP) menyadari bahwa kondisi pihaknya masih dalam keadaan terbatas dibandingkan dengan universitas yang sudah berkembang dan mempunyai pengalaman yang panjang.

"Jika diajak berkompetisi tentu universitas ini akan kalah, ibarat seorang balita bertanding dengan atlet yang sudah dewasa dan berpengalaman," katanya.

Oleh sebab itu, Amir menyampaikan universitas yang baru ini tentu perlu membuat terobosan agar dapat berdampingan dengan berbagai instansi. Hal yang menjadi fokus  adalah, pembinaan sistem penyelenggaraan pendidikan yang sesuai standar dan bermutu. Untuk mewujudkan tujuan itu, Universitas Pahlawan telah melakukan beberapa program seperti program akselerasi dengan membawa visi, mutu dan kewirausahaan quality and enterpreansien.

"Melakukan pembenahan fasilitas laboratorium prodi yang ada di Universitas Pahlawan dimana prodi ini diminta untuk membuat program unggulan sehingga bisa dikenal masyarakat yang luas," kata Amir. **Prc7