Bayi Kembar Siam di Palembang Lahir dengan Satu Badan Dua Kepala

Jumat, 14 Januari 2022

Tim medis tengah melakukan observasi untuk tindakan lebih lanjut.

PELITARIAU, PEKANBARU - Seorang bayi di Kota Palembang, Sumatera Selatan lahir dengan tidak normal, yakni berbadan satu dan dua kepala. Tim medis tengah melakukan observasi untuk tindakan lebih lanjut.

Bayi pasangan ER (26) dan AK (25) itu lahir melalui tindakan operasi di Rumah Sakit Umum Pusat Mohammas Hoesin (RSMH) Palembang, Jumat (14/1). Saat ini sedang menjalani perawatan intensif di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

"Benar, hari ini dilakukan operasi terhadap ibu yang melahirkan bayi kembar siam, satu badan dua kepala," ungkap Humas RSMH Palembang Akhmad Suhaimi sebagaimana dikutip PELITARIAU dari merdeka.com.

Menurut dia, ibu bayi usai melahirkan dalam keadaan sehat. Hanya saja diperlukan perawatan untuk pemulihan setelah menjalani operasi sesar.

"Kondisi ibu dan anaknya sehat," ujarnya.

Salah satu tim medis yang melakukan operasi, dr Abraham Martaduansyah menjelaskan, bayi tersebut satu tubuh tetapi memiliki dua kepala. Dari pemeriksaan, jantung bayi itu hanya terdapat satu, dua ginjal dan dua hati.

"Jantungnya hanya satu, yang lain-lain double seperti ginjal," terangnya.

Dengan kondisi itu, diperlukan observasi secara matang untuk tindakan lebih lanjut. Kemungkinan besar operasi pemisahan tidak bisa dilakukan dan mencari solusi lain demi keselamatan si bayi.

"Nanti akan dilihat apakah satu jantung itu mampu memenuhi oksigen untuk anak atau tidak. Tapi kalau dipisahkan dengan satu jantung tidak dimungkinkan," pungkasnya. **Prc7