Baksos Sembako Imlek 2022 "Memberi Tidak Berkurang, Menerima Karena Belum Ada Kesempatan"

Jumat, 14 Januari 2022

Tahun ini Panitia menyalurkan bantuan sejumlah 6.368 paket kepada keluarga yang memerlukan di 18 kota dan desa.

PELITARIAU, Selatpanjang - Dalam rangka menyambut Hari Raya Imlek tahun 2022 (2573 Kongzili), Panitia Bersama Baksos Imlek PBBI  kembali mengajak teman-teman, saudara, untuk berdana dalam Bakti Sosial Pembagian Sembako. 

Tahun ini Panitia menyalurkan bantuan sejumlah 6.368 paket kepada keluarga yang memerlukan di 18 kota dan desa. 

Diantaranya, Selat Panjang Kota, Desa Kundur, Desa Tanjung , Desa Tenan, Desa Insit, Desa Gogok, Desa Sesap, Pulau Merbau, Bagan Kota, Panipahan, Pulau Halang, Sinaboi,  Bengkalis, Sungai Pakning, Sungai Apit, Siak kecil, Desa Penyengat, Dumai, Pulau Rupat, Pekanbaru dan Siak Sri Indrapura.

Terlihat anggota  PBBI, IKTS, KBI, Patria Dharma,Metta Wati, kemenag Agama Buddha Meranti, pada hari Kamis, 13 Januari 2022, membagi 2 grup menyalurkan sembako.

Group A membagikan sembako dikawasan Renak Dungun, dan Cemaning sementara Group B membagikan sembako dikawasan Kundur, Tenan dan Sesap. 

Membagikan sembako di  Bihara Sasana Manggala di desa Renak Dungun, dan Cetya Vidya Pura di desa Semekut di buka oleh suhu Metta Yani membresing atau doa secara Buddhis. 

Romo Suhandi yang dikenal dengan panggilan Romo Hanlun berharap semoga sembako ini bisa membawa berkah dan harapannya warga  vihara kedepannya lebih baik kondisi ekonominya.

Ketua panita untuk acara di Selatpanjang Ali mengucapkan terimakasih kepada donator  dan semua panitia yang terlibat dan Vihara Patria Dharma Selatpanjang dalam mengalokasikan pembagian  sembako diantaranya, Gula Pasir 5 kg, beras 10,  Ang pao, Minuman kaleng serta  Biskuit.

Panitia dalam pelaksanaan pembagian sembako tersebut dengan membagikan kupon, yang mana warga yang mendapatkan bantuan terlebih dahulu disurvei oleh tim panitia.

"Acara berikutnya semoga berjalan dengan lancar yang dimulai pada tanggal 14 Januari hingga 15 Januari 2022 , dan semoga  apa yang kita salurkan  dapat bermanfaat dalam waktu dekat ini mau pun dalam  merayakan Imlek pada masa pademi covid -19, selain selatpanjang kota di sekitar selatpanjang  kita juga membagi  sampai ke  Desa Kundur, Desa Tanjung , Desa Tenan, Desa Insit, Desa Gogok, Desa Sesap, Renak Dungun dan cemaning  total 1.075 paket sembako," sebut Ali.

Pada saat penyerahan sembako Imlek 2022 ini juga terlihat perwakilan tim KBI Riau dan IKTS Pekanbaru serta  PBBI,  dengan memakai seragam organisasi dan seragam Panitia PBBI, Meski dalam suasana Covid-19 pembagian sembako tersebut berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan 3 M yakni,  Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.

Panitia Bersama Baksos  Imlek 2573/2022 tahun ini dipimpin oleh  ketua IKPTB Sarwie. PBBI terhimpun dari beberapa Perkumpulan Tionghoa, Yayasan dan Lembaga Keagamaan, diantaranya, Ikatan Keluarga Tionghua Selat Panjang dan Sekitarnya (IKTS), Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB), Himpunan Persaudaraan Tionghoa Rokan Hilir (HPT Rohil), Yayasan Sumedha, Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI), Himpunan Tjinta Teman ( HTT) Pekanbaru, Himpunan Bersatu Teguh ( HBT) Pekanbaru, Keluarga Besar  Marga Huang Pekanbaru, Persaudaran Marga Tan Pekanbaru dan Vihara Satya Dharma (Ling Thian Miao / Kwan Tee Kong Bio) Palas-Rumbai.

Kordinator kegiatan pembagian untuk wilayah  Selatpanjang Nata Hedy Nyo, SE.MH, yang juga mewakili  Ketua Umum IKTS  Armanto Lim,  Kepada PELITARIAU mengatakan kegiatan Baksos pembagian sembako Imlek ini telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

"Semoga di tahun Macan Air ini semua membawa berkah dan pademi covid-19 ini cepat berakhir, " harap Nata Hedy.

Pembagian sembako ini kata Nata Hedy, bertujuan untuk memberikan sedikit bantuan dan suka cita kepada warga yang beragama Buddha dan Konghucu yang akan merayakan Imlek, dan disamping itu juga memberikan kesempatan kepada warga yang berkecukupan atau yang mempunyai rezeki lebih untuk saling berbagi kepada yang membutuhkannya.

Masih kata Nata Hedy, kegiatan Baksos sembako di Selatpanjang Tahun ini ada 1.075 paket yang akan di bagikan, dengan rincian di Desa Tenan sebanyak 75 paket,  Desa kundur 85 paket, Desa Sesap 100 paket,  Renok 225 ,Selatpanjang 590 Paket, Merbau sebanyak 220 paket.

"Kegiatan tahun ini dengan Motto, Memberi Tidak Berkurang, Menerima Karena  Belum Ada Kesempatan" sebut Nata Hedy menirukan  pesan Ketua Umum IKTS Armanto Lim. **Prc7