Seragam Satpam akan Kembali Diganti, Terlalu Mirip dengan Polri

Kamis, 13 Januari 2022

Terlalu mirip dengan Polri, seragam Satpam kembali akan diganti

PELITARIAU, PEKANBARU - Setelah sekitar empat bulan resmi diganti,  warna  seragam  harian Satpam direncanakan akan kembali diganti.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana kembali mengubah  warna seragam harian Satuan Pengamanan (Satpam) yang sebelumnya berwarna cokelat muda menjadi warna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi pada Rabu, 12 Januari 2022 kemarin, membenarkan akan adanya pergantian seragam Satpam tersebut


Dia menyebutkan bahwa pengubahan  warna seragam Satpam itu untuk menghilangkan kebingungan di masyarakat.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," sebut Ahmad Ramadhan.

Dia menjelaskan, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam yang dimiliki Polri.

Hal itu pun menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam.

Sementara itu, Satpam sebagai profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Menurut Ahmad Ramadhan,  sebagai mana dikutip PELITARIAU dari Antara,  warna  seragam baru Satpam akan dikenalkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam yang diperingati pada tanggal 30 Desember 2022 mendatang.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru," ujarnya.


Akan tetapi, penggunaan  warna  baru  seragam Satpam akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dengan waktu selama satu tahun.

"Akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," tutur Ahmad Ramadhan. **Prc7