Gubri Beri Penghargaan Pada Siswa Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2021

Jumat, 24 Desember 2021

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memberikan penghargaan kepada siswa tingkat SD, SMP, SMA/MA/SMK dan SLB di Riau yang beprestasi di tingkat Nasional

PELITARIAU, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memberikan penghargaan kepada siswa tingkat SD, SMP, SMA/MA/SMK dan SLB di Riau yang beprestasi di tingkat nasional yang digelar di Balai Pelangi Kediaman Gubernur, Jumat (24/11/2021).

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar mengatakan bahwa penerima penghargaan tahun ini mengalami peningkatan dengan jumlahnya yang cukup banyak.

"Saya ingin menjamu anak-anak kita yang hebat ini, sekaligus juga ingin memotivasi anak-anak yang lain supaya bisa juga seperti mereka yang hadir ini," ujarnya.

Ia menyampaikan, begitu banyak sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Provinsi Riau ini. Akan tetapi siswa yang berprestasi itu banyak yang berasal dari sekolah-sekolah berprestasi saja.

"Untuk itu, saya rasa bisa diadakan kolaborasi antara guru satu dengan guru yang lainnya. Sehingga dari kolaborasi ini bisa membuat guru-guru tersebut berbagi pengamalan dan ilmu yang didapatnya," kata Gubri Syamsuar.

ia menambahkan, zonasi yang dibuat oleh pemerintah juga bertujuan untuk melakukan pemerataan kualitas pendidikan di semua sekolah. Sehingga nanti tidak ada lagi yang sekolah unggulnya hanya satu, tetapi semua sekolah bisa unggul.

"Tetapi ini juga harus dibenahi dengan kualitas para gurunya," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol menyebutkan latar belakang dari pemberian penghargaan ini didasari dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

"Pendidikan dimaknai sebagai untuk mewujudkan proses pembelajaran yang efektif , efisen dalam menggali dan mengembangkan potensi diri agar memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan akhlak serta keterampilan yang dibutuhkan masyarakat bangsa dan negara," sebutnya.

Kamsol melanjutkan, pemberian penghargaan dari pemerintah kepada siswa berprestasi dari jenjang SD/SMP/SMA dan SLB di tingkat Nasional ini merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan guna mewujudkan visi pembangunan Riau yang terdapat pada RPJMD Provinsi Riau Tahun 2019 - 2024 yakni terwujudnya Riau berdaya saing sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia atau Riau bersatu.

"Dengan tujuan guna memberikan motivasi kepada siswa siswi untuk mengembangkan minat dan bakat mereka diberbagai bidang, memberikan penghargaan berupa hadiah uang kepada siswa - siswi provinsi Riau yang telah mencapai prestasi tingkat nasional dalam perlombaan dibidang akademik maupun non akademik," lanjut Kamsol.

Kamsol menambahkan, penerimaan penghargaan siswa-siswi jenjang SD/SMP/SMA dan SLB se Provinsi Riau yang berprestasi berjumlah 57 orang dengan rincian Pekanbaru ada 35 orang, Bengkalis 3 orang, Indragiri Hilir 2 orang, Siak 6 orang, Pelalawan 2 orang, Kepulauan Meranti 2 orang, Kuantan Singingi 2 orang, Indragiri Hulu 3 orang, Rokan Hulu 1 orang, dan Rokan Hilir 1 orang.

Adapun sekolah yang menerima penghargaan siswa-siswi tersebut berasal dari Kota Pekanbaru 8 SMA, 5 SMP, dan 6 SD. Kabupaten Bengkalis 2 SMA dan 1 SMP. Kabupaten Siak 3 SMA dan 1 SD. Kabupaten Indragiri Hilir 1 SMP dan 1 SD.

Kabupaten Pelalawan 1 SMA dan 1 SMP. Kabupaten Kepulauan Meranti 2 SMP, Kabupaten Kuantan Singingi 2 SMA, Kabupaten Indragiri Hulu 1 SD, Kabupaten Rokan Hulu 1 SMK, dan Kabupaten Rokan Hilir 1 SD.

Sedangkan untuk lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Debat Indonesia (LBDI) dan lomba kampanye pendidikan anti korupsi tingkat nasional, lomba Musabaqah Syarhil Quran (MSQ).

"Kompetesi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dengan lomba Jakarta Open New Concept Swimming Championship, Lomba Gala Tingkat Indonesia (GSI), KOSN peserta didik berkebutuhan khusus dan Lomba Keterampilan Siswa Nasional Anak (LKSN) anak berkebutuhan khusus," ujar Kamsol. **Prc7