Masyarakat Tanjungpisang Meranti Harap Pelabuhannya Difungsikan

Kamis, 26 Februari 2015

Pelabuhan yang perlu pembenahan

PELITARIAU, Selatpanjang - Masyarakat Desa Tanjungpisang Kecamatan Tasik Putripuyu Kep. Meranti  sangat berharap dan meminta pembenahan pelabuha tahun 2015 ini. Hal itu diharapkan karena mengingat masyarakat desa itu sudah puluhan tahun menderita tidak memiliki pelabuhan sendiri untuk melakukan keberangkatan dengan berbagai tujuan.

 

"Selama ini kalau masyarakat Tanjungpisang hendak berpergian dengan speedboat penumpang, masyarakat harus melalui pelabuhan di desa Mengkirau maupun di Kelurahan Telukbelitung," ungkap Zizamzul, salah seorang tokoh masyarakat yang juga Ketua BPD Tanjungpisang‎.

 

Ia juga mengatakan kalau usulan ‎sudah cukup banyak disampaikan lewat Musrenbang. Bahkan sebelum Tanjungpisang dimekarkan (masih desa Mengkopot,red). Begitu juga dengan proposal, belum ada juga diperhatikan.

 

"Oleh karena itu, kami berharap Pemkab melalui Dinas terkait betul-betul memperhatikan pelabuhan kami ini," kata Zizamzul.

 

Sebelumnya, Zizamzul juga menceritakan ‎bahwa di desa itu memang ada pelabuhan yang dibangun sejak pemerintah Bengkalis. Namun, karena tidak cukup panjang atau tidak sampai hingga titik kedalaman laut dan sama sekali tidak bisa digunakan untuk persinggahan speedboat (kapal, red) penumpang.

 

"Makannya speedboat tidak bisa singgah. Selalu saja kandas. Sebab, pelabuhan ini pendek. Makanya tidak dimanfaatkan masyarakat hingga sampai ini. Satu hal lagi, Desa Mengkopot (Desa Induk, red) juga tidak punya pelabuhan. Jadi, mau berangkat kami harus lewat pelabuhan Mengkirau atau Belitung san jarak pelabuhan itu cukup jauh dari desa kami," terangnya.

 

Hal senada juga diakui Kepala Desa Tanjungpisang, Seliyanto. Dia membenarkan bahwa usulan mengenai penambahan maupun renovasi pelabuhan tersebut sudah sering disampaikan ke Pemkab, baik melalui Musrenbang maupun proposal langsung ke dinas terkait.

 

"Iya benar. Kami sudah menyampaikan usulan proposal untuk pelabuhan tersebut. Tapi saya belum tahu persis apakah itu diakomodir oleh Pemkab atau tidak tahun ini,"ungkap Seliyanto.

 

Sementara, menanggapi harapan masyarakat Desa Tanjungpisang itu, Kepala Dishubkominfo Kepulauan Meranti, Hariadi menyebutkan pelabuhan tersebut sudah diakomodir dalam tahun ini.

 

"Pelabuhan Tanjungpisang sudah dianggarkan. Tapi untuk renovasi, sekarang sudah dimasukkan ke RUP LPSE Kepulauan Meranti. Kalau mengenai berapa jumlahnya anggaran saya belum mengeceknya, "terang Hariadi‎.

 

Penulis: Doni Ruby Saputra

Editor  : rio