BPBD Dumai Ajukan 25 Mesin Pompa Air Ke Provinsi Riau

Selasa, 24 Februari 2015

Kepala BPBD Dumai T Izmet

PELITARIAU, Dumai - Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibeberapa kelurahan rawan Karhutla, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai mengusulkan kepada BPBD Provinsi Riau untuk pengadaan mesin pompa air.

"Kita Sedang mengusulkan ke BPBD provinsi Riau pengadaan mesin pompa air sebanyak 25 unit, semoga usulan kita ini diterima oleh BPBD Provinsi Riau," Kata kepala badan penanggulangan bencana daerah kota Dumai, T Izmet kepada pelitariau.com Selasa (24/2) di ruang kerjanya.

Selanjutnya kata Izmet, saat ini BPBD Dumai, hanya miliki 11 unit mesin pompa air dan 4 unit kita pinjam pakai kan ke kecamatan yang rawan karhutla, "Saat ini kita hanya memiliki 11 mesin robin kecil yang dianggarkan sejak tahun 2003, dan 4 unit kita pinjam kan ke kecamatan untuk mengantisipasi karhutla dirawan kebakaran,"katanya.

Menurutnya, BPBD kota Dumai terpaksa mengusulkan ke BPBD Provinsi Riau pengadaan mesin pompa air, karena BPBD Dumai pernah mengajukan ke Pemko Dumai tetapi dicoret pengadaannya
"kita pernah mengajukan pengadaan 3 unit mesin pompa air, tetapi ditolak oleh pemko Dumai,"ungkapnya.

Disamping itu, T Izmet menambahkan BPBD Dumai saat ini terkendala dana untuk melakaukan pemadaman dilapangan, karena BPBD Dumai hanya memiliki dana  untuk memantau Karhutla bukan untuk dana pemadaman Karhutla.

"kita menginginkan agar disetiap kecamatan memiliki dana untuk pemadaman karhutla, agar pihak kelurahan dan masyarakat peduli api (MPA) dengan cepat dan tanggap untuk memadamkan api agar  ketika terjadi karhutla cepat dipadamkan dan tidak saling menunggu,”pungkasnya.***

Penulis: Bie
Dumai