Pergantian Musim, Warga Inhu Waspadai Penyakit

Selasa, 24 Februari 2015

ilustrasi@net.

PELITARIAU, Rengat - Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dengan berbagai penyakit dan tetap menjaga kebersihan demi kesehatan di pergantian musim.

Demikian imbauan disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Inhu melalui Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan kabupaten Inhu Evi Irma Junianti, Selasa (24/2).

Kepada Pelitariau.com Evi mengatakan, dimasa pancaroba atau pergantian musim sejumlah penyakit rentan berkembang.

Di antaranya penyakit DBD, diare dan infeksi saluran peranfasan akut, terlebih musim panas telah masuk.

Hal itu disampaikan terkait saat ini sedang memasuki pergantian musim dari hujan ke panas, meskipun hingga saat ini jumlah penderita masih dalam tahap wajar.

"Berbagai penyakit harus kita waspadai pada pergantian musim ini sampah pada selokan dan lainnya yang dianggap sepele bisa mendatangkan berbagai penyakit seperti DBD, diare dan ISPA," ujar Evi

Untuk menghindari berbagai penyakit masyarakat hendaknya melakukan pembersihan di lingkungannya masing-masing.

Selain itu warga juga diimbau selalu berperilaku hidup bersih dan sehat, baik pada musim hujan maupun musim kemarau.

Evi juga meminta kepada warga agar tidak membakar hutan maupun lahan dengan sembarangan.

"Kita minta kepada warga tidaklah membakar lahan, karena akan menimbulkan kabut asap dan jelas berdampak kepada penyakit ISPA,"  ujarnya.

Selain itu masyarakat hendaknya juga menerapkan pola makan sehat yakni 4 sehat 5 sempurna dengan gizi yang berimbang, sehingga tubuh tidak mudah untuk terserang penyakit.***



Penulis: Muhammad Anshori

Editor: Alfi