Antisipasi Karhutla, Kecamatan Logas Tanah Darat Lakukan Sosialisasi Larangan Membakar Hutan Dan Lahan

Kamis, 11 November 2021

Camat Logas Tanah Darat, Rian Fitra S.STP

PELITARIAU, Kuansing - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan  (Karhutla) Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau bersama dinas DLH dan dinas Pertanian, melakukan kegiatan sosialisasi tentang larangan membakar hutan dan lahan, Rabu (11/11/2021).

Ketentraman dan ketertiban masyarakat salah satunya menanggulangi dan mencegah terjadinya bencana alam salah satunya yang menjadi perhatian itu adalah terjadinya Karhutla untuk mengantisipasi itu maka menjadi program utama nasional Gubernur, termasuk bupati. Di kecamatan menjalankan pemerintahan kewenangan sosialisasi tentang pentingnya peranan masyarakat peduli api. 

Demikian disampaikan Camat Logas Tanah Darat, Rian Fitra S.STP diruang kerjanya kepada wartawan, dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi karhutla tadi, harapannya kejadian karhutla di Kecamatan Logas Tanah Darat dapat dihindari. Kemudian juga diminta kerjasamanya seluruh aparatur desa, perusahaan, MPA serta seluruh masyarakat dalam rangka pencegahan dan penanganan karhutla di Kecamatan Logas Tanah Darat.

"Mari sama-sama menjaga wilayah kita ini dari bahaya kabut asap dan tentunya dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, kasian anak-anak jika mereka harus menghirup kabut asap yang notabene buruk," ujar Rian Fitra.

Dikatakannya, dengan memberikan penjelasan langsung kepada Kades serta memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait undang-undang yang melarang membakar hutan dan lahan, agar masyarakat tidak lagi berfikir untuk membakar hutan dan lahan dalam berkebun maupun bertani.

"Kalau terjadi kebakaran di daerahnya semua pihak harus ikut peduli dan ikut bertanggungjawab terhadap apa yang menjadi kewajiban kita semua dan melaporkan kepada pihak petugas. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan potensi dampak kebakaran hutan dan lahan," kata Rian Fitra.

Lanjutnya, memberikan pemahaman serta kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat, nyaman dan bersih serta berdampak pada pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.

Lebih jauh lagi dikatakan Rian Fitra Sosialisasi yang kita lakukan yaitu bahaya kebakaran hutan dan lahan serta ancaman bagi orang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar. Melakukan patroli pencegahan juga terus kami lakukan baik secara langsung, maupun tidak langsung kepada masyarakat, dan menyediakan tumpukan air.

"Mari bersama-sama bergandengan tangan bahu-membahu meningkatkan kepedulian serta kesadaran menjaga hutan dan lingkungan kita agar terbebas dari Karhutla," tutup Rian Fitra.*Adv