20 untuk SMA, Pemkab Rohil Minta 145 CPNS

Senin, 11 Agustus 2014

PELITARIAU, BAGANSIAPIAPI - Memasuki minggu kedua, sesuai arahan dari Menpan-RB agar formasi CPNS diberbagai lembaga dan pemerintah daerah diumumkan, khusus untuk Rokan Hilir, sudah ada bocoran. Diperkirakan tahun ini bakal menerima 145 orang CPNS, 20 orang diantaranya tamatan SMA.

Rincian usulan tersebut dibeberkan Plt Sekda M Job Kurniawan, didampingi Kepala BKD Roy Azlan kepada sejumlah wartawan akhir pekan lalu, yang diperlukan agar penetapan dan persetujuan rincian formasi CPNS oleh Menpan-RB kepada Pemkab Rohil dapat dilaksanakan sesuai jadwal.

“Tahapannya kan mengajukan usulan, dan sudah disetujui jumlah formasinya, sedangkan rinciannya kembali kita usulkan dan menunggu pengesahan,” kata Job, seperti dilansir riauterkini.com

Kabar gembira bagi masyarakat yang tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebab tahun ini sebanyak 20 formasi SMA kembali diusulkan dari 145 formasi yang disetujui.

“Tamatan SMA kembali kita perioritaskan, yang jelas kita usulkan 20 formasi untuk SMA dari jumlah yang telah disetujui, hasil akhirnya berapa yang disetujui kita juga masih menunggu,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKD Roy Azalan menambahkan, untuk jadwal pendaftaran pihaknya juga masih menunggu terusan pengumuman dari Menpan-RB, sedangkan untuk sistem seleksi nantinya akan menggunakan CAT.

“Sistem *computer assisted test* (CAT) dan itu ketetapan pusat, meskipun kemarian kita rapat di BKD Provinsi minta agar boleh sistem LJK namun masih belum ada jawaban,” kata Roy.

Roy juga menggambarkan apabila di Rohil mengunakan sistem CAT tidak mendukung dengan peralatan komputer yang ada sehingga masih diupayakan solusi terbaiknya agar seleksi CPNS Rohil ini bisa berjalan lancar.

“Kita komputerisasi yang menghubungkan ke Internet terbatas, namun apabila tetap diwajibkan kita akan ikuti bekerjasama dengan BKN Regional XII ,” jelas Roy.

Sistem CAT ini juga langsung menghubungkan dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sehingga semua melalui online.

Untuk siklus pendafataran melalui CAT ini BKD Rohil menunggu dari BKD Provinsi Riau dulu dan akan diumumkan di Web BKD Rohil sehingga masyarakat bisa tahu waktu dan persyaratan mendaftar CPNS tahun 2014 ini.

“Harus rajin baca media, apalagi semua sistem internet agar tak bingung nantinya dan tentunya bisa memiliki kesempatan besar menjadi PNS di Rokan Hilir,” tutup Roy.

Kemudian daripada itu, selain tamatan SLTA sebanyak 20 formasi, belum diketahui secara detail formasi lainnya. (PR-cr.Ram)