Country Koordinator Indonesia Sumatra Bij PUM Neterland Senior Expert Kunjungi Meranti

Kamis, 19 Februari 2015

Country Koordinator Indonesia Sumatra bij PUM Neterland Senior Expert, Rolf Soedjak, kamis (19/02) pagi, kunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti.

PELITARIAU, Selatpanjang - Country Koordinator Indonesia Sumatra bij PUM Neterland Senior Expert, Rolf Soedjak, kamis (19/02) pagi, kunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti. Kedatangan dalam rangka untuk menghimpun suatu wadah demi meningkatkan pemberdayaan dan pengembangan kearifan lokal yang ada di daerah Kepulauan Meranti.

Pada Coffe Morning yang digelar di Grand meranti Hotel Jalan Kartini Selatpanjang pagi itu, Rolf Soedjak menjelaskan bahwa PUM Neterland Senior Expert merupakan sebuah organisasi nirlaba yang menyarankan atau memberikan konsulasi kepada usaha kecil dan menengah (UKM) di negara-negara berkembang yang tidak mampu membiayai konsultasi komersialnya.

"Jadi, dengan cara ini UKM dapat membangun pengetahuan yang cukup untuk berkembang menjadi mesin pertumbuhan perekonomian lokal,"tuturnya.

Dia juga mengatakan bahwa, nantinya Kabupaten Kepulauan Meranti juga akan diberikan bantuan teknologi secara penuh, sesuai dengan kendala UKM sendiri. Karena sejauh ini juga banyak ditemukan adanya kelemahanpada knowladge dan stadnan.

"Jadi hal itu akan lebih kita fokuskan terlebih dahulu nantinya," jelasnya.

Bupati kepulauan meranti, Drs Irwan MSi, dalam hal ini diwakili Sekretaris daerah (Sekda), Drs Iqaruddin MSi, mendukung akan kehadiranPUM Neterland Senior Expert tersebut ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Selagi untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, pemerintah daerah akan senantiasa mendukung," ujarnya.

Menurut Sekda juga, kehadiran PUM Neterland Senior Expert juga merupakan hal yang bagus dimana kumpulan dari pakar senior negara datang ke suatu daerah dalam rangka untuk menghimpun kelemahan dalam pemberdayaan untuk pemanfaatan kearifan lokal.

"Karena sejauh ini kearifan lokal yang kita miliki banyak yang belum bisa kita manfaatkan, yang hal itu bisa dimanfaatkan guna peningkatan ekonomi masyarakat. Seperti  tepung sagu yang hanya dimanfaatkan untuk makanan hewan ternak, padahal repu sagu tersebut bisa dimanfaatkan menjadi biogas," jelasnya.

Dari hal tersebut, Sekda juga berharap kepada PUM Neterland SeniorExpert agar lebih efektif dalam pengembangan nantinya. Sehingga nantinya Kabupaten Kepulauan Meranti bisa menemukan hal-hal yang baru.

"Semoga pertemuan ini tidak hanya sampai disini, namun bisa terusberkelanjutan untuk kedepannya," harap Sekda.

Informasi yang di himpun berdasarkan pantauan Pelitariau.com yang menghadiri acara pertemuan Ceffe Morning tersebut.***

Penulis: Doni Ruby Saputra