Belum Cemerlang, Lihat Bangunan Kelas Jauh SDN 006 Rakit Kulim-Inhu ini

Jumat, 24 September 2021

https://youtu.be/YXcahWd8N-I

PELITARIAU, Inhu - Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 di Desa Petonggan yang tidak jauh dari kantor Camat Rakit Kukim Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, jauh dari kata Cemerlang dan sangat tidak layak. Di lokal kelas jauh itu sudah pernah sekali menamatkan peserta didik, namun, tidak ada tanda tanda sekolah ini dijadikan sekolah definitif dan tidak tersentuh bangunan yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Inhu.

Ketua fraksi PKB DPRD Inhu Dodi Irawan kepada wartawan Jum'at (24/9/2021) terlihat meneteskan air mata saat bercerita tentang kondisi bangunan lokal jarak jauh SDN 006, bangunan reot itu berdinding papan dan bertiang kayu bulat. 

"Jumlah siswanya 108 orang dan sudah satu kalienamatkan, Namanya kelas jauh, tapi  masih di kawasan pemukiman desa, dekat dengan pasar dan kantor camat rakit kulim," kata ketua fraksi PKB DPRD Inhu Dodi Irawan.

Dijelaskannya, 4 lokal yang ada itu di bangun swadaya dari kegiatan gotoroyong masyarakat 5 tahun yang lalu. "Lihatlah, lantai tanah, sebagian dinding terbuka, meja dan kursi siswa dan guru seadanya dan tdak ada WC, bahkan siswa kelas 6 belajar duduk di tikar plastik di belakang sekolah dengan guru bermejameja kan tunggul sawit yg lapuk," ucap Dodi seraya menyeka air mata dan berujar kalau dirinya bukan laskar pelangi.

Bangunan sekolah rwot itu juga tidak memiliki almari buku, tidak ada ruang kantor guru, bila hujan lebat saat proses belajar mengajar, dipastikan proses belajar mengajar terganggu. "Jauh dari kata Cemerlang, pendistribusian 20 persen dari nilai APBD Inhu hari ini akan dikawal secara maksimal oleh fraksi PKB," jelasnya. **prc