Komisi I DPR RI dan Pemerintah Miliki Cara Pandang Sama

Senin, 13 September 2021

Komisi I DPR RI memiliki cara pandang yang sama dengan pemerintah terkait dengan program transformasi digital

PELITARIAU, Pekanbaru  - Komisi I DPR RI memiliki cara pandang yang sama dengan pemerintah terkait dengan program transformasi digital dan mendukung berbagai program terkait digitalisasi.

"Penyamaan pola pikir sangat diperlukan untuk mempermudah kolaborasi agar terjadi sinergitas antara berbagai stakeholder sekaligus juga mendukung akselerasi atau percepatan transformasi digital," kata Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, Senin (13/9/2021).

Komisi I DPR RI juga mendukung program kerja prioritas Kemenkominfo yang berfokus pada percepatan penyediaan infrastruktur dan komunikasi, penguatan infrastruktur digital, penguatan tata kelola data hingga penguatan komunikasi publik yang platfrom digital.

Ia mengakui masih ada persoalan terkait pembangunan teknologi informasi dan komunikasi serta digitalisasi, pembangunan infrastruktur yang belum rata disejumlah wilayah dan juga literasi digital yang masih rendah serta berbagai tantangan lainnya.

"Ini harus kita atasi bersama dengan komitmen bersama," ucapnya.

Komisi I DPR RI juga mengapresiasi 4 perguruan tinggi bertaraf internasional yang ikut mendukung DLA tahun 2021 dan bekerja sama dengan Kemenkominfo. Adapun perguruan tinggi yang mendukung diantaranya National University of Singapore (NUS), Tsinghua University, University of Oxford, dan Harvard University.

"Semoga partisipasi dari ke empat perguruan  tinggi tersebut dalam program ini mampu meningkatkan kopetensi digital para pemimpin, warga, pemerintahan dan swasta di Indonesia," pungkasnya. **Prc7