JPN Kejaksaan Inhu Dampingi Pembangunan Gapura Kota Rengat Senilai Rp3,3 milyar

Ahad, 12 September 2021

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Inhu, Arico Novi Saputra, SH

PELITARIAU, Inhu - Pekerjaan pembangunan pengganti gerbang "Pontong" dengan nama kegiatan pembangunan gapura kota Rengat di Jalan Rengat - Pematang teptanya di Desa Kuba, sudah mulai dikerjakan, Jaksa Pengacara Negara (JPN) mendampingi kegiatan pembangunan senilai Rp3,3 milyar tersebut.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Inhu Arico Novi Saputra SH dikonfirmasi Kamis (9/9/2021) kemarin mengatakan, pendamping pembangunan yang dilakukan kejaksaan Inhu, tidak sama dengan  Tim Pengawalan Pengamanan dan Pembangunan Daerah (TP4D), dimana kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh kejaksaan hanya sebatas keperdataan 

"Untuk pekerjaan gapura kota Rengat itu di mungkinkan akan timbul  permasalahan  kedepan seperti permasalahan  lalu lintas dan ditakutkannya akan ada gugatan yang timbul dari masyarakat terkait lahan masyarakat yang terkena dampak pembangunan tersebut" katanya.

"Untuk instansi pemerintah, BUMN dan BUMD, dan masyarakat ada pelayanan hukum geratis dari Kejaksaan Inhu, khusus pembangunan Gapura Kota Rengat itu hanya pendampingan dengan  batasan keperdataan sesuai dengan permohonan dari dinas terkait yang melakukan kegiatan," kata Arico.

Kegiatan pembangunan gapura kota Rengat dengan nilai Rp3,3 milyar yang didampingi Jaksa Pengacara Negara tersebut juga melibatkan, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) pada inspektorat Inhu, dimana APIP melakukan Review di setiap  progres kegiatan. 

"Kami lakukan teguran kegiatan jika terjadi adanya indikasi permasalahan perdata  contoh, ada mengenai persoalan kontrak dan jaminan dan sengketa keperdataan, wan prestasi. Dan jika terjadi indikasi korupsi kami akan menghentikan pendampingan kegiatan tersebut dan Kami lakukan evaluasi kegiatan bersama inspektorat," tegas Arico yang juga humas kejaksaan Inhu.

Diakhir penjelasanya, kejaksaan Inhu berharap, dengan adanya pendampingan dari Jaksa Pengacara Negara dapat membantu dan menyukseskan pembangunan yang ada di Kabupaten Inhu, sehingga kabupaten Inhu menjadi kabupaten yang lebih maju. **Prc