Apa Itu Ikan Belida, Bahan Baku Pempek yang Kini Masuk Hewan Dilindungi

Jumat, 10 September 2021

Ikan Belida

PELITARIAU com - Ikan belida selama ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat pempek. Namun, kini empat jenis ikan belida dilindungi sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan (Kepmen KP) Nomor 1 tahun 2021. 

Ikan belida merupakan jenis spesies ikan tawar yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. 

Menurut buku "Panen Untung dari Akuabisnis Ikan Belida" (2012) oleh M. Ghufran H. Kordi K., dilansir kompas Selasa, 7 September 2021, ikan belida termasuk ikan bernilai ekonomis tinggi yang dapat dijadikan komoditas bisnis.

Sebagai komoditas bisnis, selama ini ikan belida banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias atau diolah menjadi hidangan untuk konsumsi manusia.

Ikan belida cocok dijadikan ikan hias karena memiliki tampilan fisik yang memikat. 

Secara umum ikan belida memiliki bentuk tubuh memanjang yang mirip dengan bentuk pisau atau lidah sehingga sering disebut sebagai knife fish atau ikan pisau.

Ikan belida tergolong sebagai ikan dari suku kecil yang mudah dikenali dari bentuk sirip yang sangat panjang yang dihubungkan dengan sisik-sisik kecil mirip sirip ekor.

Ukuran rata-rata ikan belida yang umum tertangkap adalah 15-90 sentimeter. Namun, tubuh ikan belida bisa memanjang hingga 150 sentimeter.

Ada beberapa jenis ikan belida yang umum dijadikan ikan hias, di antaranya adalah ikan belida afrika dan ikan belida bangkok.

Kedua jenis ikan belida itu merupakan ikan belida impor dengan karakteristik berbeda.

Ikan belida afrika memiliki garis-garis hitam tebal menyerupai batik di tubuhnya, sementara ikan belida bangkok memiliki tubuh pipih dengan warna perak abu-abu.

Selain dijadikan ikan hias, ikan belida juga banyak diolah menjadi makanan atau makanan pendamping yang gurih.

Ikan belida bisa langsung diolah menjadi lauk pauk dengan beberapa metode masak, seperti goreng, bakar, dan dijadikan makanan berkuah.

Meski memiliki banyak duri, daging ikan belida juga banyak diolah menjadi beragam makanan ringan karena cita rasanya yang gurih.

Beberapa olahan ikan belida yang paling umum ditemukan adalah pempek, kerupuk, bakso, sosis, abon, dan siomai. **Prc