Tugas Baru TNI Sebagai Penyuluh Pertanian

Kamis, 12 Februari 2015

Dandin 0302 Inhu, Letkol Inf Edison S Sinabutar

PELITARIAU, Rengat - Komandan Rayon Militer dan Babinsa Indragiri Hulu, mendapat tugas baru sebagai tenaga penyuluh pertanian. Langkah ini dilakukan mendukung dan menyukseskan program pemerintah, terkait swasembada pangan tiga tahun ke depan.

“Seluruh Danramil dan Babinsa nantinya akan membantu pemerintah memotivasi petani, termasuk mengawal dan mendampingi mulai dari proses tanam, pendistribusian benih, pupuk hingga panen,” ujar Komandan Kodim (Dandim) 0302 Inhu, Letkol Inf Edison S Sinabutar, saat diwawancarai oleh PelitaRiau diruang kerjanya.

Dijelaskan Dandim, guna melaksanakan tugas penyuluhan tersebut, Kodim 0302 Inhu bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Inhu menggelar pelatihan kader ketahanan pangan selama lima hari bagi anggotanya.

“Selain pelatihan di Ihnu sejumlah personel kita juga sudah ada yang dilatih di Medan untuk menyukseskan program swasembada pangan ini. Harapan kita, tahun ini dan seterusnya produksi pertanian di Kabupaten Inhu meningkat dari sebelumnya,” tambah Edison

Karena itu, melalui peran serta Kodim 0302 Inhu ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi para petani, sehingga ada peningkatan produksi 0,3 ton per hektare tiap kali panen. Selain itu, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Inhu juga terus berupaya melakukan perbaikan jaringan irigasi, pemberdayaan penagkaran benih lokal dan memberikan bantuan alat mesin pertanian kepada para petani di Kabupaten Inhu.

"Pada intinya kita dari pihak kodim 0302 Inhu akan mengawal dan menggiring kesuksesan program ini. Babinsa sudah kita arahkan untuk langsung terjun kelapangan, menangani langsung permasalahan yang timbul atau yang akan timbul." Jelas Edison.***

Penulis: Iyentoni