Desa Tanjung Gadai dan Teluk Buntal Lockdown, Bupati H M Adil Tinjau Lokasi Pastikan Penanganan Berjalan Dengan Baik

Kamis, 29 Juli 2021

Kunjungan Bupati H.M Adil di Kecamatan Tebing Tinggi Timur didampingi oleh Kadis Kesehatan Meranti Dr. Misri Hasanto, Kadis Sosial Agusyanto, Plt. Camat Tebing Tinggi Barat Wan Fahriarmi, Kades, Tim Gugus Tugas TNI/Polri, serta Nakes setempat.

PELITARIAU, Meranti - Dua Desa di Meranti yakni Tj. Gadai dan Teluk Buntal yang berada diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur terpaksa di Lockdown hal itu seiring dengan terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 yang cukup menghawatirkan dikedua Desa tersebut. Untuk memastikan penanganan pasien dan aktifitas sosial masyarakat berjalan dengan baik Bupati H. Muhammad Adil dan rombongan langsung turun kelokasi, Kamis (28/7/2021).

Kunjungan Bupati H.M Adil di Kecamatan Tebing Tinggi Timur didampingi oleh Kadis Kesehatan Meranti Dr. Misri Hasanto, Kadis Sosial Agusyanto, Plt. Camat Tebing Tinggi Barat Wan Fahriarmi, Kades, Tim Gugus Tugas TNI/Polri, serta Nakes setempat.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemkab. Meranti telah menggelar Rakor bersama Forkopimda yang melibatkan OPD terkait (Gugus Tugas) serta Camat Se-Kabupaten Meranti yang membahas kondisi terkini Covid-19 di Kep. Meranti. Dalam Rakor tersebut disepakati 2 Desa yang terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 signifikan yakni Desa Tanjung Gadai dan Teluk Belitung, Kecamatan Tebing Tinggi Barat terpaksa di block selama 5 hari kedepan untuk mengantisipasi penyebar Virus Covid-19 yang lebih luas.

Dari data yang diterima media jumlah kasus positif Covid-19 di Desa Teluk Buntal berjumlah 13 dan Tj. Gadai 18 kasus. Dengan diberlakukanya Lockdown maka aktifitas keluar masuk masyarakat akan diawasi secara ketat oleh Tim Gugus Tugas di Pos PPKM hingga 5 hari kedepan.

Lokasi pertama yang dikunjungi Bupati H.M Adil adalah Kantor Desa Tj. Gadai yang saat ini dijadikan sebagai ruang Isolasi sementara, ditempat ini terdapat 17 pasien yang sedang menjalani Isolasi dibawah penanganan dan pengawasan Tim Gugus Tugas.

Dengan menggenakan APD baju Azmat, Bupati H.M Adil masuk kedalam ruang Isolasi untuk melihat kondisi ruang dan berdialog langsung dengan para pasien positif Covid-19 untuk menyerap saran dan masukan terkait semua hal yang dibutuhkan. 

Dalam kunjungannya Bupati juga mendapati satu hal yang menarik yang perlu menjadi perhatian dari Tim Gugus tugas yakni adanya seorang warga yang terkonfirmasj positif namun enggan atau menolak diisolasi. Untuk mengatasinya menurut Bupati diperlukan komunikasi yang baik sehingga mampu meyakinkan warga bersangkutan agar bersedia di Isolasi.

Dari keterangan Tim Gugus Tugas Covid-19 Twning Tinggi Timur, warga tersebut bernama Yoga (17) warga Desa Tj. Gadai. Yoga belum bisa diisolasi karena orang tuanya menolak dengan alasan tak tega. 

Mendapati hal itu, Bupati H.M Adil mencoba mendatangi rumah warga yang bersangkutan untuk memberikan pencerahan dan pengertian. Karena jika masuk ruang Isolasi disamping antisipasi menyebarkan virus pasien positif Covid-19 juga akan mendapat penanganan kesehatan yang lebih baik dalam mendukung kesembuhan. **