2 Hektare Lahan Gambut Terbakar di Pulau Rupat

Senin, 26 Juli 2021

Sejumlah petugas pemadam dari tim gabungan sedang berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut seluas 2 hektare di Rupat Selatan, Ahad (25/7/2021).

PELITARIAU, Bengkalis - Cuaca ekstrim dan hampir dua pekan tidak turun hujan membuat kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di Kabupaten Bengkalis mudah terjadi.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Rupat, api sudah membakar lahan sekitar 2 hektare. Sampai Ahad (25/7/201) sore, petugas gabungan masih berjibaku memadamkan api.

Ya, kebakaran terjadi di sekitaran Jalan Simpang Maintam Kampung Jawa, Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat Selatan. Lahan yang terbakar merupakan semak belukar dengan kondisi tanah gambut yang cukup dalam,’’ ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bengkalis Tajul Mudarris kepada riaupos,  Minggu (25/7/2021).

Menurutnya,  saat ini kondisi cuaca di lokasi kebakaran memang cerah berawan dan sudah dua hektare diperkirakan lahan yang terbakar. Saat ini personel gabungan terdiri dari tim BPBD Kecamatan Rupat, TNI, Polri, Satpol PP dan tim regu pemadaman perusahaan PT SRL serta Masyarakat Peduli Api (MPA) setempat, terlibat melakukan pemadaman. Jumlah tim gabungan mencapai 52 orang.

Informasi petugas di lapangan menyebutkan, api muncul sejak Sabtu (24/7/2021) sore sekitar pukul 18.23 WIB. Pertama kali kebakaran dilaporkan oleh MPA setempat kepada petugas karhutla kecamatan dan pihak kecamatan langsung berkordinasi dengan BPPD Bengkalis untuk melakukan pemadaman.

"Sejauh ini penyebab kebakaran lahan tersebut belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Mudah-mudahan tidak merambat terlalu luas dan tim gabungan masih upaya melakukan pemadaman, namun karena cuaca dan angin saat ini agak kencang, sehingga titik apinya  semakin membesar," ujarnya. **prc4