Batu Akik Laksamana Indragiri Digemari Orang Se-Indonesia

Rabu, 11 Februari 2015

Penggemar hiasan batu akik di Rengat pamerkan batu Laksanama Indragiri

PELITARIAU, Renga - Pencinta batu cincin jenis batu akik memarkan koleksinya di Lapangan Terbuka Hijau (RTH) Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)- Riau. dalam pameran tersebut, Batu akik dengan nama Laksamana Indragiri menjadi idola dan banyak di gemari masyarakat se-Indonesia.

Pameran batu akik sudah dilaksanakan sejak kemarin, bukan hanya pencinta batu akik asal Inhu yang memamerkan batu akiknya namun, ada pencinta batu akik dari Pekanbaru serta Sumatra barat (Sumbar) dan daerah lain di Riau memamerkan koleksi batu cincinya jenis batu akik. Batu yang di pamerkan akan di nilai oleh pengunjung, batu yang dianggap terindah dan terbaik akan diberikan hadiah oleh panitia.

Ketua pelaksana pameran batu Akik Mayor Kav Sukri Hendri kepada pelitariau.com menjelaskan, kalau pameran batu cincin jenis batu akik untuk mengangkat nama batu Laksamana Indragiri jenis akik asal Kabupaten Inhu. "Batu Laksamana Indragiri banyak digemarin orang, bukan hanya di rengat, orang seindonesia suka dengan batu laksamana Indragiri," kata Mayor Sukri yang juga Kasdim 0302 Inhu.

Dikatakannya, Pameran batu akik baru pertama kali di buka di tempat yang terbuka di Indonesia, beberapa kegiatan pameran butu akik di laksanakan di mall dan di gedung."Suasana seperti ini (terbuka,red) yang menarik bagi pecinta batu akik, pameran ini untuk mengangkat batu akik asal Inhu, yakni Laksamana Indragiri, karena batu ini banyak diminati oleh pecinta batu se-Indonesia,”jelasnya.

Selain pameran batu akik untuk dilakukan transaksi jual beli, pameran batu akik ini masyarakat yang cinta dengan pesona batu alam sebagai hiasan untuk merebut juara yang keluar sebagai jawara. "Pengunjunglah yang nantinya akan menetukan jawara dalam pameran batu akik ini," ujarnya.

Sementara itu ketua Asosiasi Pencinta dan Penggemar batu permata Ajie Panatagama memberikan penghargaan kepada Kabupaten Inhu yang berhasil melaksanakan iven pameran batu akik tersebut. "Dalam waktu dekat ini, kami akan menyelenggarakan kontes batu se-Indonesia dan akan memperkenalkan batu asal Riau yaitu Laksamana Indragiri yang berasal dari Kabupaten Inhu," kata Ajie.

Pameran batu akik tersebut kemarin di buka secara Resmi oleh pemerintah Kabupaten Inhu yang dihadiri oleh Plt Sekda Inhu H Agus Rianto SH, dalam kesempatan itu dia mengaku bangga atas terlaksananya kegiatan pameran batu akik di Kabupaten Inhu. "Terimasih untuk komunitas kreatif Inhu yang sudah memperkenalkan batu akik asal Inhu yaitu Laksamana Indragiri ke semua pecinta batu akik," kata Agus.

Lebih jauh disampaikannya, Pemerintah Kabupaten Inhu sudah menyediakan kios-kios kecil permanen di samping SPBU Rengat tepatnya di Jalan Sultan, dimana nantinya kios-kios permanen yang di bangun oleh Pemkab Inhu, akan ditempati oleh komunitas kreatif batu akik. "Silahkan pamerkan batu akik asal Inhu di kios-kios yang kita sediakan," jelas Agus.***

Penulis: Chandra