PT RAPP Adakan Kegiatan Seminar K3

Selasa, 10 Februari 2015

Guru SMKN 1 Pangkalan kerinci poto bersama Manager Loss Prefention and Control PT.RAPP

PELITARIAU, Pelalawan - Dalam rangka Indonesia Berbudaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja  (K3) 2015-2020 beberapa hari yang lalu, PT RAPP mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah seminar K3 yang diadakan pada tgl 3 - 5 Februari 2015 di Hotel Unigraha Pangkalan Kerinci.

Kegiatan seminar ini melibatkan beberapa pihak termasuk dunia pendidikan dengan mengundang SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci sebagai sekolah kejuruan yang memiliki kelompok keahlian Teknik, Bisnis Manajemen, Pariwisata dan Pertanian.

Untuk kelompok Teknik terdiri dari: Teknik Pengelasan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Audio Video, Teknik Kimia, Teknik Kendaraan Ringan , Teknik Sepeda Motor, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Informatika dan Teknik Energy Terbarukan.

Seminar  yang diadakan PT. RAPP ini disambut baik langsung oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci Ibu Nurasia, M.Pd yang merasa sangat bangga karena diperhatikan oleh perusahaan kertas yang terbesar di Asia Tenggara dan juga seminar ini dipandang sangat perlu untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah mengingat SMK adalah sekolah kejuruan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 pangkalan Kerinci Nurasia, M.Pd  mengirimkan 5 orang guru : Lina yulianti, M.Pd (Wakabid Humas), Heri Suseno, S.Pd (guru Produktif Teknik Pengelasan), Abdul Rasyid Rangkuti ,S.Pd (guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan), Ciptri Zoni, S.Pd (guru  Produktif Teknik Intalasi Tenaga Listrik), Pistariani SP(guru Produktif Pertanian) yang mempunyai kompetensi keahlian di bidangnya masing-masing.

Seminar ini bertemakan: Melalui penerapan SMK3 kita mewujudkan Indonesia berbudaya K3 dalam menghadapi perdagangan bebas, dengan pemateri : Dr. Tanmalaka selaku Ketua Majelis Higiene Industry Indonesia, Irsya Friandi dan Nasrul Syarief,SE.ME.

Dalam penyampaiannya , Robert  L Sitorus selaku manager Loss Prefention and Control PT.RAPP sangat merespon dengan baik sekali atas kehadiran guru SMK Negeri 1 Pangkalan kerinci, apalagi setelah mengetahui bahwa K3 ada di dalam kurikulum SMK, sehingga nilai-nilai safety seharusnya mulai ditanamkan sejak dini di mulai dari rumah, sekolah, sehingga menjadi budaya ketika peserta didik bekerja di dunia industry.

"Perusahaan tidak menutup diri untuk memberikan kontribusinya terhadap dunia pendidikan yang ada di Pelalawan khususnya SMKN 1 Pangkalan Kerinci dengan memberikan pelatihan–pelatihan safety bagi guru dan siswa dan bantuan peralatan safety untuk siswa praktek di workshop,"ujarnya

Di kesempatan yang sama , Dalam penyampaiannya Nurasia,M.Pd selaku Kepala SMK Negeri  1 Pangkalan Kerinci sangat berterima kasih atas kerjasama yang di berikan dan berharap hubungan baik antara dunia industry dan dunia pendidikan khususnya sekolah kejuruan dapat terus berkembang karena tanpa dukungan pihak industry SMK sulit untuk mewujudkan dalam rangka mempersiapkan peserta didiknya agar siap terjun ke dunia kerja,"terangnya***

 

Penulis: Andre

Editor: Ram