Berikut Penjelasan Tentang Rezita Bupati dan Inhu "Cemerlang" Dimata Pimpinan DPRD

Kamis, 08 Juli 2021

Wakil ketua DPRD Inhu, H. Suwardi Ritonga, SE

PELITARIAU, Inhu - Indragiri hulu (Inhu) "Cemerlang" yang menjadi tagline, cemerlang jangan sekedar jadi panggung orasi politik semata. Namun, cemerlang yang terkandung makna pilosofis Cerdas, Berilian Cerah, Benderang dan Pandai, harus mampu direalisasikan Bupati Inhu Rezita Meylani dan wakil bupati Junaidi Rachmat dalam konteks mewujudkan harapan masyarakat Inhu yang multi kultur serta multi dimensi menjadi Cemerlang dirasakan semua masyarakat.

Demikian kata H Suwardi Ritonga SE yang merupakan unsur pimpinan di DPRD Inhu ini kepada redaksi PELITARIAU.com Rabu (7/7/2021). "Selamat dan sukses atas dilantiknya Rezita Meylani dan Junaidi Rahmat sebagai Bupati dan wakil bupati Inhu periode 2021-2024,  dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Inhu yang telah menitipkan amanah dan harapan untuk Inhu Cemerlang," kata Suwardi Ritonga yang akrab disapa bang Ucok ini.

Politisi partai Gerindra ini menyampaikan, DPRD Inhu siap bekerja sama dalam mewujudkan visi dan misi Bupati Rezita sebagai mana janji politik yang sudah disepakatinya dengan seluruh masyarakat Inhu disetiap kampanye politiknya. "Saat pelantikan Bupati Inhu dan wakil bupati Inhu 5 Juli 2021 kemarin, pesan mendalam dari pak Gubernur harus mampu dilaksanakan oleh Bupati sebagai kepala pemerintahan di daerah ini," katanya.

Diulanginya, pesan Gubenur Riau H Syamsuar kepada Bupati Inhu saat pelantikan, kiranya Bupati melakukan konsultasi dan koordinasi yang baik dengan DPRD Inhu, dengan Forkopimda serta tokoh masyarakat yang ada di Inhu. Gubernur Riau berharap, dengan kondisi sekarang butuh dukungan semangat Gotong royong semua pihak yang ada di daerah, dengan keterbatasan anggaran.

Dijelaskannya, dengan kondisi sekarang, tantangan kedepan bukan semakin mudah, justru semakin sulit, khususnya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 yang masih belum tuntas. Maka, suka tidak suka pemimpin harus piawai dan bijak dalam setiap keputusan. "Pencegahan wabah covid harus ditingkatkan, seiring dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi, serta memberikan kepastian daya beli dan konsumsi masyarakat yang menjadi tanggung jawab pemerintah.

"Pesan pak Gubri saat pelantikan itu kami artikan adalah pentingnya kordinasi dan yang tak kalah penting adalah menejemen dan tata kelola pemerintahan yang profesional, kedepan supaya lebih objektif untuk mengisi jabatan (job,red) khususnya setingkat eselon II, SDM eselon II haruslah mumpuni sesuai bidang keahlian pada jabatannya," kata Bang Ucok.

Disampaikannya, program prioritas Bupati harus bisa disinergikan dengan SDM yang ada tersedia di pemerintahan serta memaksimalkan penggunaan anggaran yang tersedia, namun DPRD sebagai mitra kerja dimaksimalkan juga dalam berkordinasi terkait pengusulan anggaran. 

"Kami memahami betul makna pesan pak Gubri kepada Bupati Rezita tentang koordinasi yang baik dengan DPRD Inhu, dengan Forkopimda serta dengan tokoh masyarakat," tutupnya. **prc