Dinilai Mubazir, Pemda Inhu Jangan Amburkan Uang Rakyat Untuk Buat Baliho Pencitraan

Ahad, 04 Juli 2021

Pemerhati kebijakan pemerintah daerah, Lamhot Manurung

PELITARIAU, Inhu - Pemerintah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) dinilai melakukan kegiatan mubazir dengan menghamburkan anggaran daerah untuk membuat baliho, sejumlah baliho terkadang dipasang hingga usang dan tidak tau kapan diturunkan juga dinilai merusak pemandangan, bukti dari baliho dibuat dengan anggaran daerah adalah terlihat ada tulisan "Bagian umum".

Demikian dikatakan Lamhot Manurung pemerhati kebijakan pemerintah yang dikenal aktif menulis disejumlah media. "Sosialisasi yang dilakukan pemerintah lebih efektif menggunakan media maenstrim, kedepan jangan lagi baliho bernilai ratusan juta rupiah dianggarkan hanya untuk pencitraan kepala daerah di Inhu," kata Lamhot berbincang dengan sejumlah wartawan Minggu (4/7/2021).

Diera moderen dan kemajuan teknologi, Menurut Lamhot Manurung, sosialisasi yang menggunakan anggaran daerah jauh lebih efektif menggunakan media maenstrim dibandingkan dengan cara manual spanduk dan baliho. 

"Itu contohnya baliho bertulisan Rezita-Junaidi sebagai pasangan bupati terpilih, belum dilantik namun gambar yang memuat foto Bupati dan wakil bupati terpilih terkesan dipaksakan untuk dibuat dan dipasang, padahal waktunya masih satu hari akan dilantik," jelas Lamhot.

Sebagai mana pemberitaan sebelumnya, tampak baliho Minggu (4/7/2021) tak jauh dari Gerbang Pontong masuk kota Rengat, dibawah gambar dan nama Rezita-Junaidi sebagai pasangan Bupati terpilih bertulisan Bupati dan Wakil Bupati dan pada samping gambar bertulisan "Selamat datang di kota Rengat" dan pada bagian pojok kanan bawah bertulisan "Bagian umum". 

Tidak diketahui siapa yang memasang dan membuat baliho tersebut namun sesuai jadwal, pasangan calon bupati terpilih "Rezita Meylani Yopi SE - Drs Junaidi Rachmat MSi dijadwalkan dilantik pada Senin (5/7/2021) oleh Gubernur Riau di Balai pelangi komplek perumahan Gubernur Riau jalan Diponegoro Pekanbaru.

Selain di Rengat, foto bergambar Rezita-Junaidi sebagai pasangan Bupati Inhu terpilih juga ditempelkan dibaliho yang dipasangi di Airmolek Kecamatan Pasirpenyu. "Pemda Inhu bisa pesan iklan di media maenstrim untuk membuat foto bupati dan wakil bupati yang dilantik, kan bisa buat iklan, atau sejenis advetorial atau sebagainya," jelas Lamhot Manurung. **Prc