Mendagri Harap Koordinasi Lintas Sektor Diutamakan

Senin, 21 Juni 2021

Mendagri Tito Karnavian saat memberikan arahan dalam rapat rutin move pelaksanaan vaksinasi COVID19 secara virtual, Senin (21/6/21).

PELITARIAU, Pekanbaru - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian mengharapkan koordinasi lintas sektoral, baik ditingkat pusat, daerah sampai tingkat level paling bawah terus diutamakan dalam rangka penanganan COVID19.

Ia menuturkan, salah satu upaya untuk mencegah penularan COVID19 di Indonesia adalah melalui pembatasan kegiatan masyarakat, untuk itu menurutnya PPKM mikro ini harus berjalan dengan baik sehingga diharapkan dapat menekan penularan COVID19.

"Memerlukan sinergi dan kolaborasi menjadi kunci dalam PPKM ini," tuturnya, dalam rapat rutin move pelaksanaan vaksinasi COVID19 secara virtual, Senin (21/6/21).

Tito Karnavian mengungkapkan, terdapat tiga kunci suksesnya pelaksanaan PPKM mikro, yakni pelaksanaan rapat koordinasi tingkat forkopimda, kabupaten/kota dan rapat gabungan antara provinsi dan kabupaten/kota.

Kemudian, ia juga mengharapkan adanya penerbitan SK atau keputusan atau instruksi oleh pemerintah daerah provinsi, kabupaten, kota tindaklanjuti instruksi mendagri tentang PPKM mikro.

Selanjutnya, pembentukan posko COVID19 oleh pemerintah daerah, kabupaten/kota termasuk pembentukan posko tingkat desa atau kelurahan.

"Harus ada membentuk posko, ukurannya posko kelurahan dan desa. Kalau ada posko di tingkat desa, berarti PPKM jalan," ungkapnya.

Mendagri ini kembali mengingatkan semua pihak untuk mengintensifkan kembali kampanye masker dan mengingatkan kembali kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

Karena menurutnya, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menjadi poin penting dalam upaya mencegah penularan COVID19.

"Protokol kesehatan harus kembali ditekankan, jangan sampai ada vaksinasi justru abai," tegasnya. **Prc7