Pembangunan Istana Sayap Pelalawan Dianggarkan Rp 13 Milyar

Rabu, 04 Februari 2015

Bupati Pelalawan HM Harris berjalan bersama Sulthan Pelalawan Tengku Kamaruddin Haroenanggota DPRD menuju lokasi pembangunan Istana sayap

PELITARIAU, Pelalawan - Bupati Kabupaten Pelalawan HM Harris Selasa (03/02) melakukan pemancangan perdana tiang Istana Sayap, Pembangunan istana sayap dilakukan dengan sistim multiyear tiga tahun anggaran.

Kedatangan Bupati HM Harris bersama rombongan disambut dengan pencak silat serta di saksikan oleh ratusan siswa SD,SMP dan SMA serta ribuan masyarakat setempat.

Acara tersebut dihadiri oleh pejabat dari Sulthan Pelalawan Tengku Kamaruddin Haroen, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Pelalawan Edy Sabli, Forkominda, tampak hadir juga mantan Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jaafar dan Rustam Efendi hadir juga anggota DPRD Provinsi Zukri ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, wakil ketua I DPRD Pelalawan Suprianto SP, anggota DPRD Pelalawan.

Dalam sambutannya Bupati Pelalawan HM Harris mengtakan, Pembangunan Istana Sayap  merupakan upaya untuk melestarikan kebudayaan daerah, dimana sebelumnya Istana Sayap hangus terbakar tiga tahun lalau. Gedung Istana Saya adalah kebanggaan masyarakat Pelalawan, makanya kita bangun kembali," jelasnya.

Pembangunan gedung ini akan memakan anggaran senilai Rp 13 milyar untuk tiga tahun anggaran, Pembangunannya terhitung sejak terhitung sejak 2014 lalau dan akan rampung pada tahun anggaran 2016. Tahun 2014 lalu 15 persen kegiatan sudah terlaksana, tahun 2015 ini akan masuk ketahap 45 persen dan tahun 2016 finising dengan nilai kerja 100 persen begitu juga dengan serapan anggarannya.

Ditempat yang sama, Ketua Lembaga Kerukunan Adat Melayu (LKAM) Pelalawan Edi Sabli menyampaikan, kegembiraan masyarakat Pelalawan dengan dibangunnya kembali istana sayap ini oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. "Kita berharap, dengan pembangunan Istana Sayap ini nantinya dapat menjadi salah satu budaya bagi daerah," kata Edi.

Sedangkan Sulthan Pelalawan, Tengku Kamaruddin Haroen menyampaikan, dangan dibangunnya Istana Sayap ini sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara Republik ini, Negara menjamin suatu daerah melestarikan budaya daerahnya. "Istana Sayap di Kabupaten Pelalawan ini adalah lambang keluhuran budaya sebagaimana alurnya,"jelas Sulthan.***

Penulis: Andre