Ledakan Terjadi di Pabrik PT Sari Dumai Oleo, Dua Orang Tewas

Kamis, 17 Juni 2021

Ilustrasi

PELITARIAU, Dumai - Ledakan terjadi di pabrik PT Sari Dumai Oleo (SDO), Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Rabu (17/6/2021) malam. Kejadian itu mengakibatkan dua karyawan di perusahaan tersebut meninggal.

Kedua korban Zainal Abidin dan Untana. Korban mengalami luka bakar serius mencapai 90 persen dan 60 persen.

"Satu mencapai 90 persen, dan satu 60 persen. Ini diketahui dari identitas baju yang dipakai korban," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Kamis (17/6/2021).

Sunarto mengatakan, ledakan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB di sebuah unit tangkit timbun berisi fatty matter atau Crude Palm Oil (CPO).

"Fatty matter itu hasil akhir dari biodiesel yang mengandung gas metanonol dan metan. Ini gas yang memang sangat mudah terbakar," kata Sunarto.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Tim Identifikasi dari Polres Dumai sudah diturunkan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Kita juga akan turunkan tim Laboratorium Forensik Polda ke TKP untuk menyelidiki kejadian tersebut," tutur Sunarto.

Sebelumnya, masyarakat Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, dikagetkan dengan bunyi dentuman keras akibat ledakan yang mengakibatkan kebakaran di PT SDO.

Kebakaran itu terjadi di salah satu tangki timbun yang berisi fatty matter yang sudah dimurnikan. Api dengan cepat membesar, tim pemadam kebakaran berupaya memadamkan api. **prc4