Hoboh, Panitia Pilkades di Inhil Kerja 4 Bulan Hanya Dijanjikan Honor Rp300 Ribu Per-Bulan

Rabu, 16 Juni 2021

Ilustrasi

PELITARIAU, Inhil - Sejumlah desa di Kabupaten Indragiri hilir (Inhil)-Riau, heboh membicarakan honor Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) yang dilaksanakan serentak 12 Oktober 2021 mendatang.

Informasi yang berhasil di himpun dilapangan, kehebohan panitia Pilkades tersebut akibat dari rendahnya honor yang dijanjikan akan dibayar dari sumber anggaran daerah setempat kepada panitia Pilkades berkisaran Rp300 ribu per-orang dan bekerja selama 4 bulan sejak Juni sampai Oktober.

Kabar yang menyebutkan nilai honor ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkades Rp300 ribu dan nilai honor sekretaris PPS Pilkades Rp250 ribu dan anggota PPS Pilkades Rp200 ribu di setiap desa yang melaksanakan Pilaldes serentak 2021, terungkap dalam Bimbingan teknis (Bimtek) Senin (31/5/2021) di Tembilahan beberapa waktu lalu yang diikuti ketua PPS dan anggota panitia Pilkades se-Inhil.

Sejumlah PPS Pilkades serentak di Inhil membandingkan nilai honor PPS Pilkades di Inhil begitu rendah hanya berkisar Rp300 ribu per-bulan untuk ketua, dan jika dibandingkan dengan honor Panitia Pilkades serentak tahun 2019 lalu yang nilainya mencapai Rp600 ribu sampai Rp800 ribu per-bulan untuk honor PPS.

Belum lagi honor untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (PPS) Pilkades serentak tahun 2019 lalu berkisar Rp400 ribu per-orang satu hari kerja, di namun tahun 2021 sudah dilakukan pembahasan honor KPPS untuk satu hari kerja hanya berkisaran Rp150 ribu untuk ketua KPPS dan anggota KPPS hanya Rp100 ribu per-orang, meski rapat penetapan honor belum final, namun honor KPPS begitu rendahnya sudah terungkap dalam rapat PPS di salah satu desa yang ikut menyelenggarakan Pilkades serentak di Inhil tahun 2021.

"Padahal ini suasana wabah Covid-19, kerja PPS dan KPPS jauh lebih berat dan beresiko, namun tidak sebanding dengan honor dengan beban kerja PPS dan KPPS di Pilkades serentak di Inhil tahun 2021 ini," kata salah satu panitia Pilkades di Inhil yang namanya enggan disebutkan berbincang dengan redaksi PelitaRiau.Com Rabu (16/6/2021) di Kecamatan Keritang.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui berapa nilai honor seluruh panitia Pilkades serentak di Inhil tahun anggaran 2021 yang dianggarkan oleh Pemerintah daerah (Pemda) Inhil, serta belum ada keterangan resmi dari instansi terkait tentang nilai honor  setiap orang yang terlibat di panitia Pilkades serentak 97 desa di Inhil tahun 2021. **Prc