Ketua PWI Riau: Wartawan Harus Taat Kode Etik dan Dukung Pembangunan

Jumat, 11 Juni 2021

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyerahkan pataka kepada Ketua PWI Kuantan Singingi, Ultra Sandi, saat pelantikan pengurus PWI Kuantan Singingi Pendopo Rumah dinas Bupati Kuansing, Kamis (10/6/2021).

PELITARIAU, Kuansing - Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang, meminta agar PWI Kuansing terus menjaga nama baik organisasi dalam menjalankan tugas sebagai wartawan yang profesional.

Kata Zulmansyah, wartawan harus bekerja sesuai Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers. Peraturan tersebut membuat wartawan dalam menjalankan kerja jurnalistiknya sesuai rule, bermitra dengan banyak pihak, tetap independen, dan melakukan kritik untuk kebaikan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Zulmansyah ketika melantik pengurus PWI Kabupaten Kuansing periode 2020-2023 yang dipimpin Ultra Sandi di Pendopo Rumah dinas Bupati Kuansing, Kamis (10/6/2021).

Zulmansyah hadir dalam acara tersebut bersama Wakil Ketua PWI Riau Bidang Pendidikan, Hary B Koriun; Sekretaris PWI Riau, Amril Jambak; Wakil Ketua Seksi Politik dan Sosial PWI Riau, Elfi Alkhiri; dan Wakil Ketua Seksi Organisasi PWI Riau, Bambang Irawan Saputra.

Wartawan PWI harus taat Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers. Silahkan mengkritik pemerintah kalau memang ada kebijakan  yang bertentangan  dengan aturan tapi kritik yang konstruktif," kata Zulmansyah.

Dalam kesempatan itu Zulmansyah juga mengimbau wartawan Kuansing untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Kuansing. Baik mempublikasikan pariwisata,  kuliner asli daerah, perkembangan pembangunan, juga upaya-upaya lainnya yang bernilai positif bagi masyarakat.

Tadi saya diajak minum kopi oleh pengurus PWI Kuansing. Saya tanya, kopi dari mana. Dijawab, kopi asli sini, namanya kopi Caronti. Nah, ini bisa menjadi ikon baru bagi Kuansing jika dipublikasikan secara dengan baik," kata Zulmansyah.

Di tempat yang sama, Bupati Kuansing, Andi Putra SH MH, juga meminta PWI Kuansing untuk terus bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan Kuansing bermarwah.

"Saya atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan selamat atas pelantikan PWI Kuansing. Semoga selalu memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Terakhir, semoga wartawan Kuansing semakin kompak. Lupakan jika ada gesekan dalam Pilkada yang lalu. Saatnya kita bersama membangun negeri ini," harap Andi.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan, Wirman Sandi, mengucapkan terima kasih kepada undangan yang telah hadir.

Kami juga minta maaf kepada mitra PWI yang tidak bisa kami undang semuanya. Undangan ini terbatas mengingat situasi pandemi saat ini," kata Wirman. **prc4